Ketua Baru MGMP PKn SMP Kabupaten Purworejo Terpilih

    

Kepengurusan baru MGMP PKn SMP Kabupaten Purworejo periode 2016-2020

Kepengurusan baru MGMP PKn SMP Kabupaten Purworejo periode 2016-2020 – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bertempat di aula SMPN 10 Purworejo, berlangsung rapat reorganisasi kepengurusan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) PKn SMP Kabupaten Purworejo periode 2016-2020, Senin, 15 Februari 2016.

Sebanyak 52 orang, dari total 90 anggota MGMP Pkn SMP Purworejo hadir dalam rapat tersebut. Para anggota MGMP PKn SMP sendiri, merupakan guru bidang study PKn SMP sekabupaten Purworejo, baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta.

“Reorganisasi ini berjalan setiap 4 tahun sekali, untuk memilih kepengurusan yang baru,” jelas Sutarto,SPd, pihak penyelenggara.

Sutarto, yang juga kepala SMPN 10 Purworejo menjelaskan lebih jauh, bahwa MGMP PKn SMP Kabupaten Purworejo merupakan persatuan guru-guru mata pelajaran PKn se Kabupaten Purworejo.

Tujuan awal berdirinya MGMP PKn SMP ini, untuk meningkatkan kompetensi guru PKn yang meliputi 4 kompetensi, yakni, profesional (kemampuan menguasai ilmu sesuai mapel), pedagogik (kemampuan mengajar), sosial (hubungan dengan siswa, orangtua, dan sesama guru), serta kepribadian.

“Para anggota MGMP PKn SMP ini secara periodik selalu mengadakan pertemuan rutin, membahas perkembangan berlandaskan 4 kompetensi tadi,” terang Sutarto.
Dalam rapat yang berlangsung sehari itu, diada
kan pemilihan ketua baru MGMP PKn. Ada 5 kandidat yang bersaing keras, yakni Budi Wijiarso, SPd dari SMPN 29, Waryono, MMPd dari SMPN 17, Murniasih, MMPd dari SMPN 14, Budi Siswantoro, SPd dari SMPN 36, dan Sutrisno, SPd dari SMPN 37.

Dalam pemilihan secara langsung itu, akhirnya Budi Wijiarso yang merupakan ketua MGMP PKn lama, periode 2012-2016, terpilih sebagai ketua baru, dengan perolehan suara 19, dan Sutrisno sebagai wakil ketua, dengan 14 suara. Dan hari itu juga, dikukuhkan kepengurusan baru MGMP PKn SMP periode 2016-2020, yang diketuai Budi Wijiarso.

Dalam sambutannya, Budi Wijiarso mengatakan, selama kepemimpinannya di periode 2012-2014, MGMP PKn banyak melakukan kegiatan. Sumber dana kegiatannya sendiri, berasal dari dana blockgrant, MKKS, serta APBD Propinsi.

“Terima kasih atas kepercayaannya, sehingga saya bisa terpilih kembali. Dengan kepengurusan yang baru ini, kita akan berbuat yang lebih maksimal demi kemajuan MGMP PKn ini,” ujar Budi Wijiarso.

Hadir dalam rapat reorganisasi MGMP PKn SMP itu, Winarto, Kasi Dikdas dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo, dan Drs Sartono, M.Pd, ketua MKKS (Musyawarah Kepala-kepala Sekolah) SMP Kabupaten Purworejo.
 
 
jon