Dari Pelepasan SMKN 3 Denpasar

    

Keberanian Modal Raih Kesuksesan

431 siswa kelas XII SMK Negeri 3 Denpasar dilepas dalam upacara pelepasan yang diadakan di Aula gedung SMKN 3 Denpasar, Sabtu, 13 Mei 2017 - foto: Koranjuri.com

431 siswa kelas XII SMK Negeri 3 Denpasar dilepas dalam upacara pelepasan yang diadakan di Aula gedung SMKN 3 Denpasar, Sabtu, 13 Mei 2017 – foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan keberanian memulai. Itu menjadi prinsip yang ditekankan SMK Negeri 3 Denpasar ketika melepas siswa kelas XII, Sabtu (13/05/2017).

Kepala sekolah setempat, Drs. AA Bagus Wijaya Putra M.Pd menjelaskan, sebuah ciri khas di sekolah kejuruan yang ada di wilayah Sanur itu, setiap alumninya tergabung dalam ikatan Triska.

“Dari akronim itu salah satunya adalah Keberanian. Bagaimana kita bisa sukses kalau tidak diikuti dengan keberanian untuk menerapkan ilmu dan skill yang kita miliki,” jelas Bagus Wijaya Putra.

Karenanya, pada pelepasan yang diadakan di aula sekolah itu, terlihat siswa menyatakan dirinya ingin mencapai kesuksesan dengan hijrah ke luar negeri. Setidaknya, ada puluhan siswa menyatakan kesiapannya pergi ke Australia untuk melanjutkan pendidikan ataupun bekerja.

Selain itu, bidang enterpreunership, disebut Bagus Wijaya Putra sebagai kasta tertinggi di sekolah kejuruan. Tak sedikit pula, siswa siap membuka peluang usaha sendiri paska lulus sekolah.

Sampai saat ini, pihaknya telah menyiapkan tamatannya agar mampu bersaing bukan hanya tingkat regional, nasional bahkan hingga internasional. Di era telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) ini, bekal ketrampilan sesuai kompetensi yang dipilih siswa sudah diberikan di bangku pendidikan.

“Hidup harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tak berhenti belajar. Jika mereka melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi, kami tetap dorong mereka mencari kerja part time,” terang Bagus Wijaya Putra.

Dengan tetap mengambil kerja part time sesuai bidangnya sambil melanjutkan studi, siswa tetap memiliki skill sesuai pendidikan praktik yang pernah diajarkan di sekolah.

“Selama tiga tahun kita membina tentu masih banyak yang perlu diperbaiki. Inilah saatnya mereka menunjukkan jati diri di kehidupan nyata,” jelasnya.

Sebanyak 431 SMK Negeri 3 Denpasar dilepas pada upacara wisuda di aula sekolah. Peringkat 10 besar nilai UN tertinggi secara berurutan diraih oleh:

1. I Gusti Ngurah kadek Restika kelas XII AP-A total nilai 1362,72
2. Ni Made Kartika Sari kelas XII AP-A total nilai 1339,49
3. Ida Ayu Dinda Intening Anggraghani XII AP-C total nilai 1334,89
4. I Wayan Dharma Suniarmika XII BG-B total nilai 1331,00
5. Komang Intan Wahyuni XII Ap-C total nilai 1328,24
6. Luh Mita Wida Yanti XII BG-C total nilai 1318,57
7. Heleni Dwi Fudiyanti XII Bus total nilai 1313,50
8. Ni Kadek Sika Agusalinantari XII BG-A total nilai 1310,23
9. Ni Ketut Indah Lestari XII KEC R total nilai 1302,15
10. Ni Komang Trisadewi XII KEC K total nilai 1282,17

 
 
Way



    





News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas