Wujudkan Rasa Nasionalisme, Warga Desa Soko Peringati Hari Lahir Pancasila

    


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Desa Soko, Bagelen, Purworejo, Rabu, 1 Juni 2016 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Guna menumbuhkan rasa nasionalisme yang makin luntur, khususnya pada generasi muda, masyarakat Desa Soko, Kecamatan Bagelen, Purworejo menggelar upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, yang jatuh pada hari Rabu (1/6).

Sebagai inspektur upacara, Kepala Desa Soko, Ruswandi SP. Para peserta upacara, terdiri dari para perangkat desa, karang taruna, ketua RT se Desa Soko, Lembaga Desa, Linmas, ibu-ibu PKK, serta para siswa SD Soko dan SMP Pancasila Soko.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Soko, Ruswandi mengingatkan akan pentingnya Pancasila, terutama pada sila-sila yang terkandung didalamnya

Dengan kegiatan upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tersebut,  Ruswandi berharap, bisa lebih meningkatkan dan mengamalkan sila-sila yang terkandung di dalam Pancasila, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai generasi penerus, kata Ruswandi, kita harus dapat mewarisi dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila guna menghadapi tantangan yang makin berat dan bervariasi kedepannya.

“Sehingga dapat tercapai masyarakat Desa Soko yang adil, makmur. Dengan disertai pikiran dan hati yang bersih, akan terwujud moralitas yang baik serta akhlak mulia” kata Ruswandi dalam sambutannya di hadapan para peserta upacara.

Ruswandi mengharapkan, agar masyarakat Desa Soko meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, agar tercapai kerukunan di masyarakat, serta meningkatkan kepedulian dan kesetiakawanan sosial, agar tercapai pembangunan secara utuh lahir dan batin.

“Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, rutin kita adakan tiap tahun. Meski sederhana, tapi bisa menumbuhkan rasa nasionalisme,” ujar Ruswandi usai upacara.
 
 
jon

Hits: 0