Warga Keburuhan di Purworejo Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.001 Meter

oleh
Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemdes Keburuhan, Ngombol, Purworejo membentangkan bendera sepanjang 1.001 meter, Minggu (27/08/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Nuansa kemerdekaan masih terlihat di sejumlah daerah, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78. Seperti yang terlihat di Pantai Keburuhan, Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (27/08/2023).

Bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Nusantara, Pemdes Keburuhan menggelar Karnaval Harmoni Nusantara dengan membentangkan bendera sepanjang 1.001 meter yang melibatkan seribu orang, didukung seribu orang lainnya membawa bendera merah putih.

Bendera Merah Putih itu terbentang dari bibir pantai Keburuan menuju lapangan desa setempat sejauh 1,1 km. Di lapangan, bentangan bendera berputar-putar di hadapan lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila.

Barisan pembawa bendera terlihat tidak terputus dan sangat panjang. Mereka ini berasal dari pelajar kelas 5 dan 6 SD se-Kecamatan Ngombol, SMP dan SMA di Kecamatan Ngombol serta pondok pesantren.

Secara seremonial, Wabup Purworejo Yuli Hastuti didampingi jajaran Forkompinda serta sejumlah tamu undangan lainnya melepas kirab tersebut.

Kepala Desa Keburuhan, Trubus, sangat mengapresiasi semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan tersebut. Dia berharap, hal itu bisa menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi muda.

“Tidak ada unsur politik dalam kegiatan ini,” tandas Trubus.

Camat Ngombol, Bangun Erlangga Ibrahim, mengaku bangga dengan kegiatan tersebut. Setelah sebelumnya Kecamatan Ngombol mampu memasang 1.300 Bendera Merah merah Putih, kini warganya membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1.001 meter.

“Dengan adanya kegiatan ini sebagai penanda persatuan masih ada. Semoga Ngombol ke depan semakin jempol,” kata Camat Ngombol.

Ketua umum Yayasan Harmoni Nusantara, Bangkit Endang Nanik Purwati, menambahkan acara tersebut digelar untuk membangkitkan nasionalisme serta menjaga kekompakan. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News