Warga Jembrana Padati Pantai Yeh Kuning Jalankan Ritual Melasti

    


KORANJURI.COM – Ratusan warga Jembrana memadati pantai Yeh Kuning untuk melaksanakan prosesi Melasti, Minggu 6 Februari 2016. Warga mengusung pretima atau benda sakral dan beragam pusaka untk disucikan di pantai menjelang pelaksanaan Nyepi.

Melasti atau Melis di Kabupaten Jembarana juga disebut dengan Mekiis. Secara simbolis, benda sakral seperti tapakan barong, tombak maupun keris disucikan dengan air laut. Secara bersamaan prosesi Melasti dilakukan oleh warga Hindu Bali menjelang pelaksanaan Catur Brata Penyepian.

Seorang peserta Melasti di Pantai Yeh Kuning, Ida Bagus Perdana mengatakan, Melasti dilakukan sebagai permohonan kepada Dewa Baruna yang menjadi penguasa samudera agar mensucikan benda-benda sakral yang disucikan warga.

“Pensucian Pratima sebagai simbol Buana Agung dan Buana Alit yang disimbolkan dengan tubuh kita,” jelas Ida Bagus Perdana, Minggu, 6 Februari 2016.

Usai pensucian Pretima, warga mengambil air suci untuk dipercikkan di Pura dan anggota keluarga. Prosesi tersebut dipimpin oleh seorang Welaka.
 
 
Alit