Warga Binaan Rutan Purworejo Divaksin

oleh
Karutan Purworejo, Muhammad Mukaffi, saat memantau jalannya vaksinasi, Kamis (12/08/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar 102 warga binaan Rutan Kelas IIB Purworejo, Kamis (12/08/2021), menjalani vaksinasi Covid 19 untuk tahap pertama.

Vaksinasi jenis Astra Zeneca ini, merupakan bantuan dari Kanwil Kemenkumham Jateng dan Dinas Kesehatan Propinsi Jateng. Dalam pelaksanaan vaksinasi, dibantu Polres Purworejo dan Dinkes Purworejo.

Menurut Muhammad Mukaffi, Karutan Purworejo, dari jumlah penghuni rutan, yang diusulkan divaksin 145 orang, dan yang belum bisa divaksin 54 orang. Dari jumlah yang diusulkan, yang lolos skreening 102 orang.

“Yang belum divaksin karena seminggu yang lalu pernah terpapar, meski tanpa gejala. Sudah ditangani, kita rawat dengan baik, kita isolasi mandiri, dan sekarang mereka sudah sembuh,” ujar Mukaffi, saat memantau jalannya vaksinasi.

Vaksinasi, kata Mukaffi, sangatlah penting, khususnya bagi warga binaan di Rutan Purworejo. Karena saat ini, semua petugas sudah divaksin dua kali, sementara warga binaan belum. Hal ini akan bisa menimbulkan penularan.

Karena itu, jelas Mukaffi, vaksin ini wajib, karena biar bisa menghambat atau mencegah penularan yang ada di rutan. Karena bisa dikatakan, satu orang tertular kalau nggak segera ditangani, akan lebih cepat penularannya dan bisa berakibat fatal, dengan kondisi rutan yang over kapasitas.

“Mudah-mudahan, vaksin tahap kedua nantinya bisa dilaksanakan,” kata Mukaffi.

Dijelaskan pula oleh Mukaffi, jumlah warga binaan Rutan Purworejo saat ini mencapai 216 orang, terdiri dari, 154 narapidana, 40 tahanan, dan tahanan yang ada di polres 22 orang.

“Sehari-hari, kita selalu menerapkan prokes ketat, Bagi warga binaan, di dalam kamar diberikan masker dobel. Kegiatan di dalam, hanya dilaksanakan oleh petugas dalam, tanpa melibatkan orang luar Setiap pagi mereka senam, berjemur, lalu minum vitamin,” pungkas Mukaffi. (Jon)

KORANJURI.com di Google News