Warga Antusias Datangi Pos TNI Manunggal KB Kesehatan di Jakarta

    


Dandim 0501 /JP BS Letkol Inf. Wahyu Yudhayana - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Seperti yang disampaikan Dandim 0501 /JP BS Letkol Inf. Wahyu Yudhayana saat Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan ke 32 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat di GOR Johar Baru, (19/9), bahwa giat tahunan pelayanan kesehatan masyarakat mendapat sambutan positif dari masyarakat.

“Kegiatan ini memang betul betul ada hasilnya, ini terlihat dari animo dan antusias masyarakat yang hadir saat ini,” tutur Dandim.

Dari pantauan di lapangan, antusias masyarakat terlihat di pelayanan kesehatan deteksi dini kanker servik dan payudara melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Eny sebagai Sekretaris Kecamatan Johar Baru mengatakan, kesadaran kesehatan khususnya deteksi dini kanker antusias dikunjungi warga.

“Kami menyediakan sebanyak 70 pelayanan IVA. Namun dalam pelaksanaannya sejak pagi tadi, terpantau sudah 117 warga yang ingin mengecek kesehataannya,” jelasnya.

Warga mendapat pelayanan gratis. Rujukan juga akan diberikan pada warga yang terdeteksi kanker.

“Dalam pelayanannya IVA akan memberikan rujukan dan obat penyerta kepada warga yang terdeteksi mengidap kanker,” ujarnya.

“Metode IVA ini cepat mengidentifikasi sel kanker, baik sel kanker servik maupun sel kanker payudara pada wanita. Tentunya dengan pemeriksaan kanker di kegiatan ini, warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sekitar Rp.135.000 seperti tarif yang dikenakan pihak swasta,” jelas Eny. (Bob)