[Virus Corona] Pemprov Bali Tunda Kintamani Chinese Festival

    


Penumpang yang turun di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai Bali - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemprov Bali menunda pelaksanaan Kintamani Chinese Festival yang sedianya digelar pada 8 Februari 2020. Penundaan terkait antisipasi wabah Virus Corona.

“Penundaan ini dalam batas waktu yang tidak ditentukan, tapi kita usahakan tahun ini bisa jalan, sambil menunggu situasi di sana (Tiongkok) kondusif,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Putu Astawa, Senin, 27 Januari 2020.

Isu corona virus pneumonia akan berpengaruh terhadap kepariwisataan Bali. Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan surat kepada warganya di negara lain, agar sudah kembali pada 29 Januari 2020. Karena pada saat itu, pemerintah negeri tirai bambu menghentikan penerbangan keluar negeri.

Situasi itu akan berdampak bagi perekonomian Bali yang bergantung pada sektor pariwisata.

“Penurunan jumlah kunjungan wisatawan tentu akan terjadi menyusul kebijakan pemerintah Tiongkok,” ujarnya.

Jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Bali dalam periode Januari-Desember 2019 mencapai 1.196.497 orang. Dari jumlah itu, wisatawan Tiongkok berada di posisi kedua terbanyak setelah Australia yang berada di urutan pertama sebanyak 1.230.133 orang.

Menunggu situasi di Tiongkok kondusif, Astawa mengatakan agar Bali kembali membidik wisatawan dari negara-negara lain.

“Kita tidak bisa melupakan pasar potensial seperti Eropa atau Australia yang juga berkontribusi besar terhadap jumlag kunjungan tiap tahunnya,” ujarnya demikian.

Ketua Bali Tourism Board IB Agung Partha Adnyana mengatakan, selain penundaan Kintamani Chinese Festival, BTB juga menghimbau agar pelaku perhotelan tidak mengenakan cancelation fee terhadap agen perjalanan wisatawan Tiongkok.

Menurutnya, pihak akomodasi wisata bisa memberikan keringanan berupa penundaan kepada para wisatawan yang awalnya akan menginap.

“Bagaimana pun ini adalah force majeure yang memang tidak dinginkan,” ujar Partha Adnyana.

“Bagi travel agent wisatawan Tiongkok yang sudah membayar down payment¸dijelaskan dalam edaran bisa menggunakannya untuk kunjungan berikutnya,” ujarnya demikian.

Kintamani Chinese Festival direncanakan akan mengundang 1.500 wisatawan Tiongkok.(Way/*)