Viral, Sumur Api Di Dukuh Krendowahono, Karanganyar

    


Sumur api di dusun Dukuh, Krendowahono, Karanganyar, Jawa Tengah - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Setelah viral di media sosial, sumur api di dusun Dukuh, Desa Krendawahana, Gondangrejo, Karanganyar mulai ramai didatangi warga dari berbagai daerah.

“Kedatangan mereka ingin menyaksikan dari dekat sumur api yang lagi viral di Medsos,” Jelas Solikin, Ketua RT 06/01 Dukuh, yang lahannya menjadi tempat sumber sumur api.

Dikatakan Solikin, disebut warga sebagai sumur api, karena air yang keluar dari pipa besi saat disulut api bisa langsung menyala. Air yang keluar dari sumur tersebut juga terasa asin seperti air laut.

Peristiwa ‘sumur api’ di Dusun Dukuh berawal pada tahun 2019, saat warga memperoleh bantuan sumur dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga desa. Akan tetapi saat di bor, air yang keluar dari lobang pengeboran rasanya asin.



“Kejadian tersebut terus berulang , meski lahan untuk pengeboran sumur sudah dipindah sebanyak enam kali,” terang Solikin menceritakan awal mula terjadinya sumur api di dusunnya.

Yang unik dari sumur api itu, air yang keluar dari lobang pengeboran, dipercaya memiliki khasiat bisa menyembuhkan penyakit kulit. Hal tersebut dikatakan Solikin, karena banyaknya testimoni warga masyarakat yang pernah merasakan khasiat sumur api.

“Api dari sumur api juga bisa di pergunakan untuk memasak,” imbuhnya.

Oleh Pemerintah Kabupatan Karanganyar, rencananya sumur api akan dijadikan potensi wisata sumber daya alam terapi kesehatan. (JK)