Vaksinasi Jemput Bola Sasar Warga Lansia di Ubud dan Desa Blahbatuh, Gianyar, Bali

    


Personel Polwan dilibatkan dalam proses pelayanan antar jemput, pendampingan, registrasi, observasi, dan percetakan kartu vaksin - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Untuk mempercepat kekebalan kelompok di Bali, upaya vaksinasi terus berlanjut di masyarakat. Sasarannya kali ini kalangan lanjut usia dengan pola vaksinasi jemput bola dari rumah ke rumah.

Di Banjar Tebongkang, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, vaksinator Puskesmas Ubud II mendatangi rumah para lansia yang belum mendapatkan vaksin. Kegiatan itu difasilitasi Kepolisian Sektor Ubud.

Kapolsek Ubud AKP I Made Tama menjelaskan, dengan vaksinasi jemput bola akan diketahui secara riil jumlah warga lanjut usia yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

“Rata-rata para lansia yang belum tervaksin dalam keadaan sakit, dan tidak bisa beraktifitas. Sehingga, pihak Nakes didampingi Polri melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat,” kata Made Tama, Jumat, 22 Oktober 2021.

Di Desa Singakerta, Ubud, jumlah lansia yang layak mendapat suntikan vaksin corona sebanyak 6 orang. Kondisi keenam warga itu tidak memungkinkan untuk datang ke gerai vaksinasi.

Sementara, Kepolisian Sektor Blahbatuh, Gianyar juga menggelar vaksinasi lansia pada Jumat, 22 Oktober 2021. Dalam kegiatan itu, pihaknya menerjunkan polwan untuk proses pelayanan antar jemput, pendampingan, registrasi, observasi, dan percetakan kartu vaksin.

Kapolsek Blahbatuh AKP Yoga Widyatmoko menjelaskan, korps Polisi Wanita itu secara rutin memberikan imbauan. Mereka mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

“Personil Polwan Polsek Blahbatuh turut berperan aktif dalam memberikan imbauan Prokes, seperti di pasar tradisional dan kegiatan kemasyarakatan lainnya,” kata Yoga.

Ia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dan aparat desa yang mengikuti layanan vaksinasi COVID-19.

“Semoga program pemerintah dalam membentuk herd immunity bisa cepat tercapai,” ujarnya. (Way)