Usai MPLS, SMPN 20 Purworejo Berikan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan

    


Danramil 09 Pituruh Kapten (inf) Muhtafin Sholeh, S.Pd.I saat menyampaikan materi tentang empat pilar kebangsaan di hadapan para siswa SMPN 20 Purworejo, Kamis (14/07/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Usai mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama tiga hari dari Senin (11/07/2022) hingga Rabu (13/07/2022), 192 siswa baru kelas VII SMPN 20 Purworejo diberikan pendidikan karakter melalui pembinaan Wawasan Kebangsaan.

Dalam pendidikan karakter yang berlangsung Kamis (14/07/2022) ini menghadirkan pemateri dari Koramil Pituruh dan Polsek Pituruh.

Dari polisi, memberikan materi tentang tata krama dalam penggunaan medsos, bahaya narkoba bagi generasi muda serta toleransi antar umat beragama. Dari Koramil materinya tentang empat pilar kebangsaan dan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Dijelaskan oleh Suswanto, S.Pd, M.M.Pd, bahwa pendidikan karakter tersebut masih terkait dengan kegiatan tahun pembelajaran baru. Bagi kelas VII, merupakan kelanjutan dari MPLS, untuk lebih menekankan tentang kedisiplinan utamanya, terkait dengan pembelajaran dan kegiatan di luar.

“Danramil 09 Pituruh Kapten (inf) Muhtafin Sholeh, S.Pd.I berkesempatan hadir menyampaikan materi tentang empat pilar kebangsaan di hadapan para siswa” jelas Suswanto, didampingi Waka Humas Chairul Fatah, S.Pd, Kamis (14/07/2022).

Chairul Fatah juga menyampaikan, bahwa pendidikan karakter sangatlah penting. Hal itu dilatarbelakangi dengan adanya fenomena penurunan moral, yakni krisis moral terjadi pada siswa yang dipicu dengan adanya Pandemi Covid sehingga siswa terlepas dari pembelajaran di sekolah.

Dengan belajar di rumah, menurut Chairul Fatah, terjadi permasalahan terutama kedisiplinan, minat belajar kurang, kesopanan kurang, salah pergaulan, juga tindakan asusila dan kejahatan yang dipicu oleh medsos.

“Dengan pendidikan karakter ini diharapkan mampu mengembalikan permasalahan yang dialami siswa untuk kembali menjalani pembelajaran dengan prestasi yang meningkat,” pungkas Chairul Fatah sambil menambahkan, untuk hari Sabtu (16/07/2022), giliran kelas VIII yang mengikuti Pendidikan Karakter. (Jon)