Usai Ditangani, Ibu yang Lahirkan Bayi di Lapangan Akan Dipulangkan ke Jawa Barat

    


Dinsos Bali bersama pihak Yayasan Maha Boga Marga di RSUD Mangusada, Kamis (16/5/2019) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Dinas Sosial Provinsi akan memfasilitasi kepulangan KL, ibu muda yang melahirkan bayinya di sebuah lapangan karena tidak ada biaya, Minggu (12/5/2019).

KL diketahui warga tengah menjalani persalinan di tanah lapang di depan SMK Mengwitani. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polres Badung.

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jawa Barat. Rencananya, setelah kondisi bayi dan ibunya pulih. Sesegera mungkin kami akan memulangkan mereka ke Jawa Barat,” jelas Kadis Sosial Provinsi Bali, Dewa Gde Mahendra Putra.

KL sendiri diketahui punya anak berusia 4 tahun. Keduanya, menurut Dewa Gede Mahendra Putra, untuk sementara dirawat di Yayasan Maha Boga Marga.

KL melahirkan bayi perempuan seberat 1,9 kg. Pasca melahirkan, bayi tersebut mendapatkan penanganan intensif di ICU RS Mangusada Kabupaten Badung.

“Masih perlu penanganan intensif, karena masih kuning dan sedang dilakukan fototerapi. Bayi lahir dibawah 2 kg (prematur) beratnya tidak normal, sehingga perlu penanganan intensif di ruang ICU,” jelas Direktur RSUD Mangusada Badung, dr. I Nyoman Gunarta.

Namun menurut Gunarta, kondisi ibu sudah membaik pasca melahirkan. Bayinya pun relatif stabil dibandingkan sebelumnya.

Sementara, Alvon dari Yayasan Maha Boga Marga memastikan selama berada di Yayasan, KL dan satu orang anaknya mendapatkan perawatan dengan baik.

“Sementara, sambil menunggu bayinya bisa dipulangkan dari RS. Nanti setelah dia pulih betul, kita akan informasikan ke Dinas Sosial Bali yang akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jawa Barat,” ujar Alvon. (*)