Usaha Rintisan Digital Bakal Memenangi Masa Depan

    


Ketua Yayasan Primakara, Made Artana (kiri) bersama Kepala Badan Kreatif Denpasar I Gusti Putu Anindya Putra (kanan) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bisnis startup atau usaha rintisan berpeluang memenangi persaingan usaha di masa depan. Geliat ekonomi digital ini, dikatakan Ketua Yayasan Primakara, Made Artana, mulai terlihat di era generasi milenial atau generasi Z sekarang ini.

Generasi Z mendominasi populasi penduduk Indonesia. Made Artana menyebutkan, milenials ini cenderung berkeinginan mandiri secara usaha dan tidak tergantung dengan ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Mereka menciptakan lapangan pekerjaan baru dan akan membangkitkan ekonomi kreatif di era ekonomi digital yang ditandai dengan tumbuhnya bisnis startup,” ujar Made Artana di Denpasar, Rabu, 29 November 2017.

Made Artana yang juga Direktur Kampus IT Alfa Prima ini mengungkapkan, sejumlah startup saat ini tengah berkembang pesat di Bali. Khususnya aplikasi game maupun aplikasi program menjadi bisnis baru yang digeluti para wirausahawan muda pelaku ekonomi digital.

Made Artana menjelaskan, Yayasan Primakara yang membawahi STMIK Primakara memberikan ruang penuh terhadap kreatifitas digital. Pihaknya bekerjasama dengan Pemkot Denpasar, membangun usaha rintisan.

Pola yang diterapkan dalam membangun bisnis masa depan itu yakni, pre startup atau memberikan wawasan sebanyak-banyaknya kepada mahasiswa untuk memulai membangun startup.

Selain itu, kata Made Artana, proses inkubasi selama setahun dilakukan untuk menjaga bisnis digital itu agar tidak mati.

“Ketika startup bisa hidup akan dilakukan pengembangan. Pemerintah bisa mengenalkan ke akses modal, investor atau mengembangkan ke akses pasar,” jelas Made Artana. (Way)