UPT-LLK Purworejo Operasikan Kios 3 in 1

    


Kios 3 in 1 lengkapi fasilitas di UPT-LLK Dinsosnakertrans Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – UPT-LLK Dinsosnakertrans Kabupaten Purworejo, yang beralamat di Kelurahan Cangkrep, Purworejo, kini memiliki fasilitas baru berupa gedung Kios 3 in 1. Keberadaan Kios 3 in 1, merupakan salah satu syarat tentang kelengkapan sebuah LLK (Lembaga Latihan Kerja), mengacu peraturan dari Kementerian Tenaga Kerja.

Kios 3 in 1 ini, resmi mulai beroperasi per Oktober 2016. Dengan keberadaan Kios 3 in 1 ini, menurut Kepala UPT-LLK Dinsosnakertrans Kabupaten Purworejo, Bambang Darmuko, SSos, MT, sangat membantu masyarakat, khususnya para peserta pelatihan.

“Fasilitas yang ada di Kios 3 in 1 ini, berisi informasi tentang pelatihan, sertifikasi, dan penempatan tenaga kerja,” jelas Bambang, Kamis (6/10).

Kata Bambang, banyak kemudahan yang didapat melalui Kios 3 in 1, seperti, pendaftaran pelatihan secara online, informasi lowongan kerja, juga informasi tentang lokasi dan waktu uji kompetensi (sertifikasi) tiap-tiap kejuruan.

Fasilitas yang ada di Kios 3 in 1, berupa 3 unit komputer dan free Wi Fi. Ada petugas bernama Yanuar Didik yang bertugas sebagai operator. Untuk menunjang tugasnya, operator mendapat pelatihan khusus.

Jelas Bambang, gedung Kios 3 in 1 tersebut, sebenarnya sudah dibangun sejak 2008, bersumber dari dana APBN. Namun Kios 3 in 3 baru bisa beroperasi sekarang.

“Dari pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan LLK, peserta yang terserap di perusahaan-perusahaan sesuai kejuruan masing-masing mencapai 50%. Sisanya mandiri,” pungkas Bambang.
 
 
Jon