Unggulkan Jurusan TKJ, SMK Muhammadiyah Purworejo Jaring Siswa Baru

    


Siswa SMK Muhammadiyah Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Berdaya tampung 108 siswa untuk tiga kelas, SMK Muhammadiyah Purworejo membuka pendaftaran siswa baru (PPDB) tahun 2020, untuk dua jurusan atau kompetensi keahlian, yakni, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL).

TKJ, merupakan ilmu berbasis teknologi informasi dan komunikasi, terkait kemampuan algoritma, pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet.

Untuk jurusan AKL, konsentrasinya pada perbankan syariah. Pembelajaran akuntansi terdiri dari pembelajaran manual dan akuntansi komputer (MYOB). Di sini, siswa dapat belajar pembukuan keuangan, baik untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Siswa dapat melakukan pembukuan keuangan dan menerapkan sistem perpajakan di Indonesia.

“Dari dua jurusan itu, kita unggulkan TKJ. Ada dua kelas untuk jurusan ini, dengan keunggulan masing-masing,” ungkap Zhulkhikmah Asobari, SE, Kepala SMK Muhammadiyah Purworejo, Sabtu (27/06/2020).

Pada jurusan TKJ, jelas Asobari, memiliki dua kelas industri, yakni, Mikrotik Academy dan Oracle Academy. Pada kelas Mikrotik Academy, mempelajari tentang jaringan. Dalam hal ini, SMK Muhammadiyah Purworejo bekerja sama dengan Mikrotik Academy dari Latvia. Bagi yang lulus di kelas ini, akan mendapat sertifikat dari Mikrotik, dan bisa digunakan untuk bekerja pada perusahaan yang membutuhkan teknologi jaringan.

Pada kelas industri Oracle Academy, pihak SMK Muhammadiyah Purworejo bekerja sama dengan Oracle dari Amerika. Kelas ini, mempelajari tentang pemrograman komputer.

Menurut Asobari, keberadaan dua kelas industri tersebut, semacam kursus, yang pesertanya diambil dengan sistem seleksi. Pembelajaran ke arah itu, teknologi jaringan dan pemrograman komputer, sudah dimulai di kelas X, dan dilanjutkan dengan pemantapan.

“Seleksi untuk kelas industri, siswa mendaftar secara online, kemudian mendapat akun masing-masing, lalu menjalani seleksi. Rata-rata, yang lolos seleksi sekitar 15 an anak perkelasnya,” terang Asobari.

Untuk penyaluran lulusan ke dunia kerja, dari sekolah memiliki BKK (Bursa Kerja Khusus), yang sudah menjalin MoU dengan beberapa perusahaan, antara lain, PT Sritex – Sukoharjo , PT Primarindo Asia Infrastruktur TBK – Bandung, PT Putra Prima Abadi Perkasa – Bekasi, dan PT Chemco Harapan Nusantara – Bekasi.

Dijelaskan pula oleh Sobari, dalam PPDB kali ini, terbagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama Februari – Maret 2020, gelombang kedua April – Mei 2020, dan gelombang ketiga Juni – Juli 2020.

Sekolah yang terakreditasi B dan memiliki slogan Trampil, Mandiri, Berakhlak ini, juga ada program pemberian beasiswa bagi siswa yang memenuhi persyaratan tertentu. Fasilitas yang dimiliki diantaranya, ruang kelas, lab multimedia, lab MYOB, ruang praktek, perpustakaan, workshop, internet, unit produksi TKJ, serta unit produksi AK.

Ekstrakurikuler yang ada, marching band, robotik, panahan, musik, film, seni tari, Mading, sepakbola, bola voli, futsal, Hizbul Wathan, dan Tapak Suci.

SMK Muhammadiyah Purworejo juga memiliki segudang prestasi, baik akademik maupun non akademik. Diantaranya dalam lomba Accounting Competence Olympiade, drumband, futsal, pencak silat tapak suci, English Song Contest, hafalan Al-Quran, Hizbul Wathan, dan masih banyak lagi.

“Kita masih membuka pendaftaran untuk siswa baru. Silahkan saja datang ke SMK Muhammadiyah Purworejo, di jalan Pemotongan Hewan no 19, Baledono,” pungkas Sobari. (Jon)