UNBK SMA/SMK/SLB di Bali Diputuskan Batal Digelar Hari ini, Siswa Dirumahkan

    


Kadispora Provinsi Bali I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Surat Edaran (SE) per 14 Maret 2020, Nomor: 421.5/16838/Disdikpora, akhirnya dianulir. SE itu berisi jadwal UNBK tingkat SMA/SMK/SLB sesuai jadwal dari kementerian Pendidikan.

Namun, pada rapat terutup yang dipimpin oleh Gubernur Bali Minggu (15/3/2020) salah satunya memutuskan, UNBK tingkat SMA/SMK/SLB ditunda pelaksanaannya dari awalnya digelar pada 16-19 Maret 2020.

“UNBK SMK yg rencana dilaksanakan mulai Senin 16 Maret 2020 sampai dengan 19 Maret 2020 ditunda pelaksanaanya sampai pengumuman lebih lanjut,” terang Kadispora Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Kebijakan ini akan disusul dengan surat edaran Gubernur Bali kepada seluruh Kepala SMA/SMK/SLB. Semua jenjang pendidikan melakukan proses belajar jarak jauh (dari rumah/online).

Praktik kerja industri yang akan diikuti oleh siswa SMK juga ditunda pelaksanaannya. Siswa sementara dirumahkan sambil menunggu perkembangan informasi dari otoritas di Bali.

Boy menambahkan, pihaknya tidak ingin memaksakan praktek kerja industri yang secara rutin telah jadi agenda. Mengingat kegiatan luar cenderung kontak dengan banyak orang dan beresiko meningkatkan potensi penularan covid-19.

“Kalaupun dipaksakan sudah tidak efektif karena hotel kan belakangan ini sepi,” kata Boy.

Rapat tertutup Minggu (1/3/2020) malam di rumah Jabatan Gubernur Jaya Sabha, diikuti oleh Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Sekda Dewa Indra, Kadispora Boy Jayawibawa dan sejumlah pimpinan OPD itu. Dalam rapat itu juga ditetapkan Bali berstatus Siaga Darurat.

(Way)