UNBK di SMAN 1 Denpasar

    

Nyoman Purnajaya: Masih Digelar Dalam Tiga Sesi

Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, I Nyoman Purnajaya - foto: Koranjuri.com

Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, I Nyoman Purnajaya – foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 465 siswa SMA Negeri1 Denpasar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebelumnya, SMANSA Denpasar juga telah menggelar ujian serupa.

“Tahun ini kita masih melaksanakan UNBK dalam tiga sesi. Persiapan teknis juga tidak berubah dari tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, I Nyoman Purnajaya, Senin, 10 April 2017.

Siswa peserta UNBK, dikatakan Purnajaya, terdiri dari 418 siswa jurusan MIA dan 47 siswa jurusan IIS. Jumlah peserta CBT di SMAN 1 Denpasar tahun ini, ditambahkan Purnajaya, tidak sebanyak tahun lalu.

Namun demikian, pihaknya masih menggelar dalam tiga sesi yang dimulai dari sesi pertama pukul 7.30-9.30, sesi kedua dimulai pukul 10.30-12.30 dan sesi terakhir dimulai pukul 14.00-16.00.

Selama persiapan, perangkat keras berupa komputer, server maupun perangkat pendukung lainnya diperiksa secara detail. Sejak digunakan untuk UNBK tahun lalu, Purnajaya mengatakan, pihaknya melakukan perawatan secara cermat perangkat IT tersebut.

“Sampai saat ini tidak ada penggantian perangkat keras, kita lakukan perawatan secara berkala,” ujarnya demikian.

Jumlah komputer yang disiapkan untuk UNBK tahun ini sebanyak 102 komputer ditambah 70 unit komputer yang disewa dari pihak ketiga. Jumlah itu setara dengan sepertiga dari jumlah peserta ujian yang menjadi acuan pokok untuk dapat menggelar ujian dalam jaringan (Daring) itu.

“Jumlah komputer yang kita siapkan termasuk yang kita sewa, sudah sangat sesuai. Ini titik yang paling aman dalam mendukung UNBK tahun ini,” kata Purnajaya.

Di hari pertama, SMAN 1 Denpasar ditinjau oleh tiga institusi yakni, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Ombudsman RI Perwakilan Bali.

Dengan kesiapan yang maksimal serta dukungan perangkat IT yang memadai, SMAN 1 Denpasar juga ditunjuk sebagai pelaksana UNBK Paket B dan Paket C di akhir April mendatang.

“Kami sudah sediakan 3 ruangan. Dua ruangan untuk UNBK Paket C dan 1 ruangan untuk Paket B. Jumlah server 2 unit,” terang Nyoman Purnajaya.
 
 
Way



    





News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas