Tur Mobil Kuno Awali Tata Hidup Baru di Bali

    


Mobil antik koleksi PPMKI Bali - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Dimulainya tatanan kehidupan baru di Bali pada Kamis, 9 Juli 2020, akan ditandai dengan tour mobil kuno dari komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Bali.

Safari mobil tua itu sekaligus untuk memantau kesiapan new normal oleh Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Mengambil start dari depan kantor Gubernur Bali, tur menempuh rute Denpasar-Karangasem-Buleleng dan Tabanan.

“Mulai 9 Juli, kita memasuki era baru untuk lokal. Yang perlu diperhatikan, pada tahap ini semua pihak wajib patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” kata Cok Ace, Selasa, 7 Juli 2020.

Di sejumlah destinasi wisata di Bali, Wagub akan meninjau kesiapan penerapan protokol tata kehidupan era baru. Terutama, di Kebun Raya Bedugul dan sejumlah kawasan pedagangan berbasis digital di Tabanan dan Buleleng.

Kemudian pada Sabtu, 11 Juli 2020, Wagub akan meninjau penerapan protokol tatanan kehidupan era baru di daerah tujuan wisata Pantai Pandawa, Badung. Kemudian pada 30 Juli 2020, peninjauan penerapan protokol tata kehidupan era baru di Kawasan ITDC Nusa Dua meliputi, Hotel, Restoran, Perdagangan/Pusat Perbelanjaan, UMKM, Rumah Sakit, Objek Wisata dan Lapangan Golf.

Kegiatan mengawali new normal itu diinisiasi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bali bersama kalangan Perbankan dan PPMKI.

“Secara niskala (spiritual) tatanan kehidupan Bali era baru telah diawali dengan Upacara Pamahayu Jagat di Pura Agung Besakih,” kata Cok Ace.

Kemudian, secara sekala (duniawi), tatanan hidup Bali era baru akan dimulai pada 9 Juli 2020 yang bertepatan dengan hari baik, Kamis Umanis Sinta. Cok Ace menjelaskan, untuk skema tahap pertama, aktivitas dibatasi secara selektif hanya untuk lingkup lokal masyarakat Bali.

Kepala BI Perwakilan Bali Trisno Nugroho mengapresiasi skema tatanan hidup era baru yang dirancang oleh Pemprov Bali. Sebab bagaiamanapun, hingga saat ini Covid-19 masih ada dan belum ditemukan obat serta vaksinnya.

“Saatnya kita berkompromi, melakukan aktivitas ekonomi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jajaran perbankan akan mendukung melalui kampanye penerapan transaksi berbasis digital,” kata Trisno. (Way/*)