Tumpek Landep, Polres Gianyar Upacarai Perlengkapan Berbahan Besi

    


Polres Gianyar saat menggelar persembahyangan Tumpek Landep di halaman parkir Mapolres Gianyar, Sabtu (18/7/2020) pagi - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kepolisian Resor Gianyar menggelar persembahyangan Tumpek Landep, Sabtu (18/7/2020). Upacara diikuti oleh seluruh personel Polres Gianyar. Dalam persembahyangan itu, seluruh peralatan dinas yang terbuat dari besi diupacarai.

Hari Tumpek Landep yang jatuh setiap enam bulan pasa saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Landep. Upacara itu memiliki makna untuk memuja Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai Dewa Taksu.

Kabag Sumda Polres Gianyar Kompol I Ketut Dana mengatakan, Polres Gianyar melakukan persembahyangan Hindu terhadap seluruh peralatan yang terbuat dari besi seperti, senjata api, komputer, kendaraan dinas, serta peralatan lainnya di upacarai.

“Persembahyangan ini dilaksanakan sebagai wujud ucapan terimakasih atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sehingga, segala peralatan dalam mendukung pelaksanaan kinerja Polres Gianyar dapat digunakan dengan baik san dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengingatkan kepada personelnya untuk tetap menjaga protokol kesehatan di masa kelaziman baru seperti sekarang.

“Kami Himbau seluruh personel tetap hadir di masyarakat serta mengajak untuk menyambut adaptasi kebiasaan baru dan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kapolres. (ning)