Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa, SMPN 8 Purworejo Gelar Expo

    


Kepala SMP N 8 Purworejo, Drs Bambang Sukmonohadi, MM, didampingi Ketua OSIS, Dini Hidayati, saat meninjau stand expo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI COM – Mengisi kegiatan jeda semester, OSIS SMP N 8 Purworejo menggelar Expo Kuliner, Sabtu (16/3). Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari ini, diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII, dan dibuka oleh Ketua Komite Sekolah, Drs Muh Wuryanto.

Ada 12 stand peserta expo dari masing-masing kelas yang menyajikan aneka produk hasil kreasi siswa, dari kuliner, minuman, lukisan, aksesoris dari barang bekas, maupun busana dari limbah.

“Kegiatan Expo ini, ide dan penyelenggaranya murni dari siswa, orangtua dan guru hanya jadi pembimbing saja. Tema expo, ‘Creativity for My Life’,” ungkap Dini Hidayati, ketua OSIS SMP N 8

Menurut Dini, ide adanya expo ini, seiring dengan rencana beroperasinya bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport) tahun 2020 mendatang. Dengan kegiatan Expo ini, melatih siswa untuk mandiri.

Meski hanya dilaksanakan sehari, namun siswa, orang tua, alumni dan warga sekitar, sangat antusias mengikuti jalannya expo. Dari pihak panitia, menyediakan berbagai doorprize yang menarik untuk para pengunjung.

“Hasil dari expo ini, dikembalikan ke siswa, dan dikelola untuk kepentingan siswa pada masing-masing kelas,” ujar Dini, yang didampingi Waka Kesiswaan, Drs Purbowo.

Menurut Kepala SMP N 8 Purworejo, Drs Bambang Sukmonohadi, MM, kegiatan expo tersebut, disetting untuk menumbuhkan literasi teknologi, dan pemupukan jiwa kewirausahaan siswa, untuk menghadapi beroperasinya Bandara NYIA yang akan datang.

“Nantinya peserta anak didik bisa menyambut itu dengan berbagai inovasi di bidang apa saja. Bisa teknologi, kuliner, atau pangan. Prinsipnya pada pendidikan karakter yang utama,” ujar Bambang.

Dengan kegiatan expo ini, menurut Bambang, bisa memberikan bekal life skill, serta jiwa kewirausahaan bagi siswa. (Jon)