TP4D Kejati Jateng Sebut 2 Rekanan Proyek Jalan Kutoarjo-Ketawang Tak Capai Target

    


Sidak TP4D Kejati Jateng, Selasa (3/9), pada proyek peningkatan jalan Kutoarjo-Ketawang - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dua rekanan dalam proyek peningkatan jalan provinsi Kutoarjo-Ketawang di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni, PT Bangun Gumelar Jaya (paket DAK) dan PT Ina Hasta Mandiri (paket DAU), dinilai sangat lambat dalam melaksanakan pekerjaan.

Hal itu berdasakan, dari hasil sidak TP4D (Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) Kejati Jateng, Selasa (3/9), keduanya dinilai minus dari target pelaksanaan. PT Bangun Gumelar Jaya minus 5%, dari yang seharusnya 30%, baru terlaksana 25%. PT Ina Hasta Mandiri minus 7%, dari yang seharusnya 37%, baru terlaksana 30%.

Dalam sidaknya, TP4D Kejati Jateng tersebut didampingi petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Propinsi Jateng, Sudanang, ST, MT (PPTK), Edi Siswanto (ST 1), Supriyanto (ST2), dan Amir (ST2).

“Sistem kerjanya tidak sistematis. Jika sampai masa kontrak habis pelaksanaan pekerjaan keduanya tidak selesai, maka bisa diputus kontrak,” kata Supriyanto, dari BPT Bina Marga Kutoarjo Wilayah Magelang, selaku Staf Teknik 2 (pengawas pembantu) pada proyek paket DAU tersebut, Jum’at (6/9).

Dijelaskan, proyek paket DAK (Dana Alokasi Khusus) yang dilaksanakan PT Bangun Gumelar Jaya ini, senilai Rp 21,6 miliar, yakni peningkatan jalan dengan beton rigid sepanjang 5 km, dari pintu kereta api ke arah selatan. Proyek ini dimulai bulan Juni, hingga Desember.

Dan proyek paket DAU (Dana Alokasi Umum), yang dilaksanakan PT Ina Hasta Mandiri, senilai Rp 15,1 miliar, dari terminal Ketawang ke utara kurang lebih 3 km. Proyek ini dimulai Mei, hingga Nopember.

Sidak TP4D Kejati Jateng tersebut, kata Supriyanto, pada semua paket pekerjaan yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo, dan menjadi wewenang Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Propinsi Jateng, yakni, paket DAK Bener-Maron, paket DAU Kutoarjo-Bruno, dan paket DAK dan DAU Kutoarjo-Ketawang. (Jon)