Total Kesembuhan di Bali Lampaui Jumlah Kasus Positif Covid-19

    


Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Sekda Bali Dewa Made Indra, memberikan pemutakhiran data perkembangan covid-19 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Jumlah kasus Covid-19 di Bali yang telah terkonfirmasi total sebanyak 222 orang. Data Gugus Tugas Bali, pada Kamis, 30 April 2020, mencatat penambahan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 7 orang. Jumlah itu terdiri dari imported case 4 orang dan transmisi lokal 3 orang.

Namun di tengah kenaikan grafik kasus positif, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bali Dewa Made Indra mengatakan, ada 17 pasien dinyatakan sembuh.

“Dengan demikian, jumlah akumulatif yang sembuh sampai hari ini menjadi 113 orang atau sebanyak 50,90% dari total yang positif,” jelas Dewa Indra.

Astungkara tidak ada laporan meninggal dan kita berharap tidak ada lagi yang meninggal di antara sahabat-sahabat kita yang terinfeksi COVID-19,” tambahnya.

Jumlah pasien aktif atau dalam perawatan sebanyak 105 orang yang tersebar di 11 rumah sakit rujukan, maupun tempat karantina yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Akumulasi positif COVID-19 sebanyak 222 orang, terdiri dari 8 orang WNA dan 214 orang WNI. Dari 214 orang WNI sebanyak 137 orang imported case (134 PMI dan 3 Non PMI), terinfeksi dari daerah terjangkit 20 orang dan terinfeksi melalui transmisi lokal 57 orang.

Masih tingginya persebaran melalui transmisi lokal, dikatakan Dewa Indra, patut menjadi perhatian. Makin tinggi angka transmisi lokal, menunjukkan masih kurang disiplinnya masyraajat dalam melaksanakan protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

“Ini berarti di tengah-tengah masyarakat ada yang positif, kemudian menularkan kepada yang sehat,” jelasnya. (Way)