TMMD Ke-105 Mulai Digelar di Bulan Juli Mendatang

    


Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-105 kali ini, dilakukan melalui Video Conference yang dipimpin Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang K di Aula A.H. Nasution Mabesad, Kamis (20/6/2019) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono menyatakan, pembukaan TMMD Ke-105 akan dipusatkan di Lapangan Bola Kampung Kandang Gede, Desa Bakung, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Menurut Eko, obyek TMMD diantaranya jalan desa Kampung Blukbuk.

“Di Kodam Jaya, TMMD akan dilakukan di wilayah Kodim Tigaraksa yang bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang untuk membantu program pemerintah daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah,” jelas Mayjen TNI Eko Margiyono.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 secara serentak dilakukan di 50 Kabupaten seluruh Indonesia, yang akan dimulai pada 10 Juli hingga 8 Agustus 2019.

“TMMD sebagai wujud kepedulian dan kesertaan TNI dalam memberdayakan masyarakat desa, sehingga dapat mengatasi kesulitan masyarakat, dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat,” ujarnya.

Sementara, Dandim Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta N. Tampubolon dan selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-105 menambahkan, jalan Desa Kampung Blukbuk Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang merupakan jalan produktif.

Namun, kondisinya saat ini masih terdapat badan jalan yang berlubang dan belum mendapat peningkatan mutu jalan dengan kontruksi beton.

“Kegiatan TMMD ke-105 akan berlangsung selama 30 hari di Kampung Blukbuk RT 03 RW 04 Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pembangunan infrastruktur fisik diantaranya, pengecoran jalan sepanjang 1.130 meter, lebar 3-4 meter dan tebal 20 cm dengan dua kali pengecoran. Sedangkan untuk non fisik, akan dilakukan ceramah atau penyuluhan tentang Bela Negara, bahaya narkoba, kenakalan remaja, kerukunan umat beragama, rekrutmen TNI/Polri, lalu lintas, lingkungan hidup, kesehatan, koperasi dan UKM, bahaya terorisme serta radikalimse.

Seperti pelaksanaan sebelumnya, TMMD ke-105 juga akan dilombakan karya jurnalistik dengan 4 kategori, yakni kategori Wartawan Elektronik, Wartawan Cetak/Online, Pendam dan Dansatgas TMMD.

Parada berharap, Kodim Tigaraksa dapat memperoleh salah satu kategori tersebut.

“Kodim Tigaraksa akan bekerja sama dengan media lokal maupun nasional untuk memenangkan lomba tersebut,” harapnya.

Pada lomba sebelumnya, pemenang masing-masing, Fahrani (TVRI Jabar), Agus Faturohman (Metro TV Batam), dan Stenaf Lesi (iNews TV Bali) untuk kategori Wartawan Elektronik. Golda Eksa (Media Indonesia Cetak Tanjung Kalsel), Dwi Setiawan (Radar Tuban Cetak Tuban Jatim) dan Muhammad Bakri (detik.com Online Makasar Sulsel) kategori Wartawan Cetak/Online.

Sedangkan untuk kategori Pendam masing-masing, Pendam IV/Diponegoro, Pendam V/Brawijaya dan Pendam VI/Mulawarman, sedangkan untuk kategori Dansatgas diraih Dandim 0721/Blora, Dandim 1306/Donggala dan Dandim 0428/Palembang.

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-105 kali ini, dilakukan melalui Video Conference yang dipimpin Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang K di Aula A.H. Nasution Mabesad, Kamis (20/6/2019).(*)