Tirakatan Suroan, Warga Manisjangan Ritual Tolak Balak Covid-19

    


Ritual Suroan warga Dusun Manisjangan, Seren, Gebang, Purworejo, Rabu (19/08/2020) malam - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ribuan warga Dusun Manisjangan, Desa Seren, Gebang, Purworejo, melakukan ritual Tirakatan Suroan, Rabu (19/08/2020) malam. Ritual tersebut, dilakukan untuk menyambut Tahun Baru 1442 Hijriyah.

Selain sebagai ungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan nikmat hingga bisa memasuki tahun baru Islam, juga sebagai sarana untuk tolak balak agar Virus Covid-19 segera dihilangkan.

Dalam ritual, warga membuat tumpeng di rumah Kadus Manisjangan dan di arak sampai ke tengah dusun.

Menurut Sunardi, Kadus Manisjangan, dalam tumpeng berisi sajian ingkung ayam, bubur merah dan putih. Juga ada sajian seribuan nasi yang dibungkus daun pisang.

“Setelah diarak, tumpeng didoakan oleh kyai, supaya warga terhindar dari marabahaya, terutama saat ini wabah Covid 19. Sebagai puncak ritual, tumpeng dimakan secara bersama-sama,” ujar Sunardi.

Selain warga, kata Sunardi, ritual Tirakatan Suroan juga dihadiri oleh Kades Serem, Lukmanto, sekdes, tokoh masyarakat setempat, Ketua BPD, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Lukmanto sendiri, sangat mengapresiasi kegiatan Tirakatan Suroan. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat dijadikan contoh bagi dusun lainnya, dan dapat mempererat tenggang rasa antar warga.

“Kegiatan ini bisa membuat anak-anak sejenak melupakan gadget,” kata Lukmanto. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas