Tingkatkan Kualitas Menulis, Staf Humas Pemkot Denpasar Ikuti Pelatihan Jurnalistik

    


Organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali bekerjasama dengan Humas dan Protokol Pemkot Denpasar mengadakan pelatihan jurnalistik, Senin, 22 Februari 2021 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas menulis, 10 staf Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar mengikuti pelatihan jurnalistik. Pelatihan merupakan kerja bareng antara Bagian Humas dan Protokol Kota Denpasar bekerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar I Dewa Gede Rai mengatakan, pelatihan jurnalistik ini penting untuk mengetahui teknik penulisan yang benar sesuai teori dan standar penulisan jurnalistik.

“Dalam pelatihan ini mereka langsung diberikan teori maupun praktek terkait penulisan berita, teknik wawancara dan juga etika saat melakukan peliputan,” kata Dewa Rai di Gedung Praja Utama Kantor Wali Kota Denpasar, Senin (22/2/2021).

Ia berharap agar kegiatan yang sama dilakukan secara rutin untuk mengetahui perkembangan jurnalisme di tanah air, baik secara regulasi maupun teknis penulisan sesuai kaidah yang ada. Pihaknya juga akan melakukan evaluasi, apakah kegiatan ini cukup efektif terhadap peningkatan skill staf humas.

“Ini sebaiknya menjadi program berkelanjutan, meskipun waktu dan tempat pelaksanaan selalu dapat disesuaikan,” kata Dewa Rai.

Sementara, Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja alias Edo mengakui ada perbedaan pendekatan karya jurnalistik antara wartawan dengan kehumasan. Namun perbedaan tersebut dapat dijadikan tantangan tersendiri bagi staf humas untuk menyelaraskan gaya penulisannya.

“Perbedaan paling mendasar dari rilis humas dan wartawan adalah angle berita atau sudut pandang pemberitaan. Nilai rasa jurnalis dan humas itu pasti berbeda,” jelas Edo.

Ditambahkan, wartawan cenderung membutuhkan isu sebuah kasus atau pemberitaan yang langsung berkaitan dengan peristiwa yang terjadi.

Dalam pelatihan ini, SMSI Bali menurunkan tiga instruktur. Masing masing merupakan pengurus inti SMSI Bali, antara lain, Pemred Beritabalionline.com Dewa Suta Sastradinata, Pemred perspectivesnews.com Joko Purnomo dan Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja sekaligus pemilik portal berita jurnalbali.com. (Ayu/Humas Pemkot Denpasar)