Tingkatkan Kemampuan Siswa, SMP Sapta Andika Maksimalkan Tryout

    


I Wayan Sutarjana - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ujian Nasional tingkat SMP akan berlangsung pada 23 April 2018 mendatang. Peningkatan kompetensi siswa semakin digeber oleh setiap sekolah untuk mendapatkan hasil maksimal pada Ujian Nasional nanti.

Begitu pula dengan SMP Sapta Andika di wilayah Monang Maning Denpasar. Kepala sekolah setempat, I Wayan Sutarjana mengatakan, sejak siswa menempati bangku kelas IX, pihaknya membekali dengan pelajaran tambahan, baik les maupun materi berupa kisi-kisi UN yang diberikan sekolah.

“Maret nanti kami masih menggelar tryout sekolah. Kita harapkan siswa menjadi lebih terbiasa menghadapi soal-soal dengan varian yang berbeda,” jelas Wayan Sutarjana.

Tahun ini, peserta UN di SMP Sapta Andika mencapai 439 peserta. Pola UN di sekolah itu masih menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Wayan Sutarjana menyebut, saat ini masih ada pilihan UN untuk sekolah yang belum siap menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Namun demikian, pihaknya tetap akan beralih ke UNBK jika sarana pendukung berupa komputer maupun server telah tersedia di sekolah itu.

“Karena masih diperbolehkan menggunakan UNKP, maka tahun ini kami belum menggunakan UNBK. Dari 435 siswa yang ada, setidaknya kami butuh 150 unit komputer jika menggelar UNBK. Meski, UNBK dengan merger ke sekolah lain yang siap juga diperbolehkan,” ujar Sutarjana.

Dua gedung sekolah SMP Sapta Andika, jelas Sutarjana, telah disiapkan untuk menggelar UNKP. Pihaknya akan menambah 2 ruang kelas baru lagi di tahun pelajaran ini. (Way)