Tim Satpol PP Bali Gelar Monev Protokol Kesehatan Obyek Wisata Lovina

    


Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di obyek wisata Lovina, Buleleng - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sejumlah objek wisata. Hal itu diperlukan untuk memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan, sebelum dibuka kembali pada 31 Juli 2020.

Kali ini, tim Satpol PP Bali yang dipimpin Kabid Trantib I Komang Kusama Edy menyasar objek wisata di Pantai Lovina di Buleleng, Sabtu (25/7/2020).

Secara umum, persyaratan aktifitas pariwisata menjelang dibuka sudah cukup siap. Objek wisata ini telah menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pengukuran suhu tubuh saat memasuki objek wisata, tempat cuci tangan, hand sanitizer. Pengelola juga mengaku rutin menyemprotkan desinfektan untuk membunuh virus dan bakteri.

“Perlu diketahui, objek wisata ini telah buka sejak 19 Juli 2020 lalu, khususnya untuk wisatawan lokal. Setiap sore hari warga ke Lovina untuk melepas penat sembari melihat atraksi lumba-lumba di tengah laut,” kata Kusama Edi, Sabtu, 25 Juli 2020.

Di tempat terpisah, Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan, kegiatan ini merupakan arahan dari Gubernur Bali Wayan Koster guna memastikan bahwa objek wisata yang akan kembali dibuka, aman dan terbebas Covid-19.

“Inilah tantangan berat ke depan, khususnya bagi anggota kami untuk melakukan pemantauan secara intensif dengan tetap mengedepankan peran serta masyarakat. Termasuk, kewajiban pengusaha dalam memberikan jaminan jika tempat usahanya bebas Covid-19,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Dalam monev tersebut, pihaknya juga menyerahkan bantuan logistic berupa 12 baju Alat Pengaman Diri (APD), dua gallon desinfektan, dua botol hand sanitizer, 250 masker, dan juga hand glove atau sarung tangan kepada Kasatpol PP Buleleng dan juga kepada Kepala Desa Kalibukbuk.

Dalam penyerahan itu, juga tampak disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Pengelola Kawasan Wisata Lovina dan Relawan Satgas Covid-19 Bali.

“Dalam upaya mencegah dan juga memutus penyebaran virus corona ini, perlu kesadaran semua pihak agar disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Adapun protokol kesehatan tersebut, lanjut dia, yakni rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, wajib menggunakan masker, membawa hand sanitizer, jaga jarak antara satu dengan yang lainnya serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (Way/*)