Tim Marching Band SMANSA Denpasar Raih Juara Umum Divisi Utama Langgam Indonesia XXIX 2016

    


Tim Marching Band Suara SMANSA Manggala Dara (MBSSMD) mengangkat trophy juara Umum I kompetisi Langgam Indonesia XXIX 2016 - foto: istimewa

KORANJURI.COM – Marching Band Suara SMANSA Manggala Dara (MBSSMD) dari SMA Negeri 1 Denpasar, berhasil menorehkan prestasi gemilang di ajang Langgam Indonesia XXIX 2016. Perjuangan keras tim Smansa membuahkan hasil dengan meraih Juara I Umum Divisi Utama di event nasional bergengsi yang berlangsung di Bali tersebut.

Kualitas MBSSMD terlihat dari kerja tim, social skill dan karakter personil yang mampu merebut perhatian para juri. Garapan dan aransemen yang apik dari lagu-lagu yang dibawakan tim yang dimotori oleh I Made Andika Tresnananda mampu menyingkirkan tim rival yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.

“Saya sangat mengapresiasi semangat tim hingga merebut juara Umum I dalam event tersebut. Pencapaian ini tidak mudah dan membutuhkan perjuangan keras dengan keterlibatan banyak pihak,” jelas Kepala SMA Negeri 1 Denpasar, Drs. I Nyoman Purnajaya, M.Pd, Jumat, 5 Agustus 2016.

Dalam kompetisi marching band itu, MBSSMD membawakan lima lagu yang digubah oleh Ir. Dewa Gede Sujaya Pasupade dkk dengan Pembina tim , Drs. I Gusti Ketut Adiawan, M.Pd. Lagu gubahan yang dibawakan tim Marching Band SMANSA adalah, Pergi Belajar (Ayah dan Ibu), It’s Time to Study, Andai Dia Tahu, Happy dan Hymne Guru.

“Harapan ke depan Marching Band Smansa Denpasar dapat mempersiapkan tim untuk mengikuti event Grand Prix Marching Jakarta,” ujar Purnajaya.

Yang menarik dari prestasi itu adalah, fakta dibalik kesuksesan yang sudah dipersiapkan jauh sebelum tim Marching Band Smansa mengikuti laga kompetisi Langgam Indonesia XXIX 2016. Persiapan telah dilakukan sejak bulan Januari 2016 dengan perhitungan latihan lebih dari 496 jam.

Dalam kondisi yang rentan mengganggu kegiatan belajar mengajar, dikatakan Purnajaya, pihaknya sampai mengundang orangtua siswa untuk membicarakan niat siswa mengikuti kompetisi itu.

Diungkapkan Purnajaya, tantangan yang dihadapi dalam persiapan cukup berat, mulai dari rekrutmen anggota, pembiayaan dan upaya menyeimbangkan antara kegiatan belajar untuk memenuhi jadwal latihan.

“Ternyata dukungan orangtua mengalir. Bahkan sebelum berlaga keluarga dari siswa sampai datang ke sekolah untuk melepas tim ini,” kenang Purnajaya.

Dukungan dari alumni juga memberikan kontribusi besar dalam pencapaian prestasi membanggakan itu. Pelatih staff teknis, IAM BAND, menurut Purnajaya, setiap latihan selalu terlibat di dalamnya.

Dari prestasi itu tim Marching Band SMANSA berhak menyandang predikat, Terbaik babak penyisihan display Indoor, Terbaik Display dan Showmanship, Terbaik Music Analysis Percussion Line, peringkat dua general effect dan peringkat kedua Colour Guard Performance, Terbaik babak final Display Indoor.

”Tanpa kerjasama yang baik antar individu, mustahil tampilan bisa maksimal. Sebab mereka dituntut mampu menyelaraskan antara gerak dan lagu yang memerlukan konsentrasi tinggi,” kata Purnajaya.
 
 
Way