Terserang Jantung, Pelari Maybank Bali Marathon 2019 Asal Jepang Meninggal

    


Petugas PMI, sempat memberikan pertolongan kepada pelari Marathon Atsushi Ono. Saat terhuyung dan jatuh, korban langsung dipinggirkan dan diberikan oksigen - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Insiden terjadi pada gelaran lari Maybank Bali Marathon 2019. Peserta asal Jepang Atsushi Ono (58), sempoyongan dan ambruk kemudian dinyatakan meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS Kasih Ibu Saba, Blahbatuh, Minggu, 8 September 2019.

Hal itu dibenarkan Kapolsek Blahbatuh, Kompol Ketut Dwikora. Dari pemeriksaan dan keterangan saksi di lokasi kejadian, menurutnya kejadian ini terjadi karena kondisi korban yang kurang sehat.

“Sampai di rumah sakit Kasih Ibu, korban dinyatakan meninggal,” jelas Kompol Ketut Dwikora, Minggu, 8 September 2019.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pelari dengan nomor dada 1117 itu sempat terjatuh. Sebelumnya, Atsushi Ono juga sudah terlihat keletihan dan jalannya terlihat seperti sempoyongan. Sampai akhirnya, saat melintas di areal catus pata Blahbatuh atau tepat di depan Puri Ageng, korban ambruk tak sadarkan diri.

Petugas PMI bernama Made Loka, sempat memberikan pertolongan kepada korban. Saat terhuyung dan jatuh, korban langsung dipinggirkan dan diberikan oksigen.

Saat diperiksa pernafasannya dengan memeriksa nadi carotis, menurut Made Loka, sudah tidak ada nadi dan napasnya terhenti.

“Kami sempat melakukan RJP pijit jantung 5 siklus dalam satu menit dan memberikan O2. Korban sempat bernafas kembali, lalu segera dibawa ke ambulans untuk dibawa ke Rumah Sakit,” jelas Made Loka.

Namun, dalam perjalanan menuju RSU Kasih Ibu Saba, Blahbatuh, pernafasan korban kembali terhenti. Di dalam mobil ambulans petugas kembali melakukan RJP.

Sesampai di rumah sakit Kasih Ibu, korban dinyatakan meninggal. Keterangan dokter jaga IGD yakni dr. Maya menyebutjan, korban meninggal dunia akibat dehidrasi dan serangan jantung.

Atsushi Ono mengikuti nomor lari Full Marathon dengan jarak tempuh 42 km. Selama ini, korban tinggal di Indonesia di Jalan Alam Elok 6/35 Cluster Ivory Livo Cikarang Bekasi Jawa Barat.

Jenazah saat ini dititipkan di RS Kasih Ibu Saba Gianyar sambil menunggu pihak keluarga. (*)