Terapkan PPDB Sistem Online

    

SMKN 3 Purworejo Jaring Kuota 320 Siswa Baru

SMK N 3 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

SMK N 3 Purworejo – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK N 3 Purworejo, yang beralamat di Jl. Kartini no.5 Purworejo, merupakan satu-satunya sekolah kejuruan yang masuk dalam kelompok pariwisata di Kedu Selatan. Di sekolah ini, para siswa dilatih dan dididik pada kompetensi keahlian tata boga, kecantikan kulit dan rambut, dan tata busana.

Pada tahun pelajaran 2017/2018, SMK N 3 Purworejo menerima peserta didik baru sejumlah 320 siswa, dengan rincian, 4 kelas boga sebanyak 128 siswa, 2 kelas kecantikan dan rambut sebanyak 64 siswa, dan 4 kelas tata busana sebanyak 128 siswa.

Demikian dijelaskan Titi Yuli Istiqomah, SPd, selaku Ketua Panitia PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) SMK N 3 Purworejo. Untuk pendaftaran online mandiri, jelas Titi, tanggal 11-14 Juni 2017. Pendaftaran online lewat satuan pendidikan, tanggal 12-14 Juni 2017.

Lanjut Titi, untuk verifikasi berkas dan tes kesehatan, 12-14 Juni 2017. Bagi yang mau cabut berkas pendaftaran, batas akhirnya tanggal 14 Juni 2017 pukul 10.00 WIB, yang dilanjutkan dengan tes khusus, yang bisa dimulai waktu pendaftaran hingga paling lambat 15 Juni 2017.

“Untuk analisa dan penyusunan peringkat, 16-17 Juni. Pengumuman 19 Juni 2017. Untuk daftar ulang, 20-21 Juni. Dan hari pertama masuk sekolah 17 Juli 2017,” terang Titi, Rabu (7/6).

Ketua panitia PPDB SMK N 3 Purworejo, Titi Yuli Istiqomah, didampingi Agus Suwandono, bagian informasi dan publikasi PPDB SMK N 3 Purworejo

Ketua panitia PPDB SMK N 3 Purworejo, Titi Yuli Istiqomah, didampingi Agus Suwandono, bagian informasi dan publikasi PPDB SMK N 3 Purworejo

Adapun kelengkapan administrasi untuk PPDB, kata Titi, berupa foto kopi yang telah dilegalisir pejabat berwenang untuk: ijasah SMP/sederajat, atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijasah SMP/ijasah program paket B/ijasah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/ dihargai sama/setingkat SMP, Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) SMP/sederajat, akta kelahiran dengan batas usia maksimal 21 tahun, serta kartu keluarga.

Foto copy yang telah dilegalisir pejabat berwenang, serta menunjukkan aslinya saat verifikasi berkas, untuk: KIP (Kartu Indonesia Pintar) bagi calon peserta didik dari keluarga miskin/kurang mampu dan/atau dilengkapi surat keterangan tidak mampu dari kepala desa/kepala kelurahan yang dilegalisir oleh kecamatan, piagam prestasi tertinggi yang dimiliki, surat keterangan anak guru atau tenaga kependidikan, yang dilengkapi SK kepegawaian, dan surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah.

“Untuk tata cara pendaftarannya, calon peserta didik dapat mendaftarkan diri secara mandiri melalui internet http://ppdb.jatengprov.go.id, atau datang langsung ke SMK N 3 Purworejo, untuk melakukan pendaftaran dengan bantuan operator yang berada pada satuan pendidikan pilihan 1,” jelas Titi, didampingi Agus Suwandono, bagian informasi dan publikasi PPDB SMK N 3 Purworejo.

Untuk peserta didik dari luar Jateng, dan atau lulusan tahun sebelumnya, terang Titi, wajib datang langsung ke satuan pendidikan yang dituju (pilihan 1), sekaligus verifikasi. Calon peserta didik baru juga bisa mendaftarkan diri pada 2 satuan pendidikan (pilihan I dan II).

“Calon peserta didik SMK hanya dapat mendaftarkan diri di dua kompetensi keahlian pada satuan pendidikan,” jelas Titi.

Untuk informasi lebih lanjut, kata Titi, bisa menghubungi sekretariat PPDB SMK N 3 Purworejo, Irene Kristiastuti, S.Pd, M.Pd (085326221199), atau SMK N 3 Purworejo, telpon (0275) 321268. (Jon)