‘Teman Makan Teman’, Pria Berprofesi Sopir ini Kuras ATM Sohibnya

    


Kapolsek Kutoarjo, AKP Markotib, didampingi Kasubbag Humas, Iptu Siti Komariah dan Kanitreskrim, Ipda Tri Atmoko, bersama tersangka MD, pelaku pencurian ATM milik temannya, Senin (23/9), di Mapolsek Kutoarjo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Unit Reskrim Polsek Kutoarjo, Polres Purworejo, berhasil mengamankan MD (38), seorang sopir warga Dusun Kemetiran, Desa Muntung, Candiroto, Magelang. MD ditangkap pada Jum’at (13/9) lalu di Temanggung.

MD berurusan dengan polisi, karena diduga kuat sebagai pelaku pencurian ATM milik temannya, Tyas (38), warga Dudu Kulon, Grabag, Purworejo, yang tinggal di rumah kontrakannya, di Kelurahan Bandung, Kutoarjo, pada Sabtu (13/7) silam.

“Akibat pencurian ini, korban mengalami kerugian hingga Rp 4,9 juta,” jelas Kapolsek Kutoarjo, AKP Markotib, Senin (23/9).

Dijelaskan oleh Markotib, yang didampingi Kasubbag Humas, Iptu Siti Komariah dan Kanitreskrim, Ipda Tri Atmoko menjelaskan, pada saat kejadian, korban berada di rumah kontrakannya bersama tersangka.

Tanpa sepengetahuan korban, tersangka mengambil ATM milik korban yang saat itu ditaruh di dalam tas, yang diletakkannya di ruang tamu. Selanjutnya tersangka pergi ke ATM Bank BRI terdekat dan mengambil uang yang berada di dalam kartu ATM tersebut sebesar Rp 4,9 juta, yang diambil dalam tiga kali penarikan.

“Korban baru mengetahui pada saat akan membayar tiket pesawat namun saldonya tidak mencukupi,” ungkap Markotib.

Dari kasus ini, ujar Markotib, polisi menyita sejumlah barang bukti, antara lain, satu buah Kartu ATM Bank BRI dengan nomor seri 6013 0110 3063 3290 warna biru, serta
satu buah Buku Tabungan Bank BRI dengan no rekening atas nama korban.

“Tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara,” pungkas Markotib. (Jon)