Teluk Mandeh dan Akses Jalan nan Elok Bakal Puaskan Wisatawan

    


Jalan baru menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandeh di Sumatera Barat yang dirampungkan Kementerian PUPR - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan jalan akses Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandeh yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Mandeh juga disebut-sebut sebagai ‘Raja Ampat’ nya Sumatera dengan pulau-pulau kecil yang menawarkan keindahan wisata bahari.

Ruas jalan itu berada di tepi laut dengan panorama Samudera Hindia. Sebelumnya, untuk menuju kawasan wisata Mandeh harus menggunakan kapal karena jalan yang sempit dan berbukit. Namun sekarang, waktu tempuhnya hanya 1-1,5 jam dari Kota Padang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, akses jalan akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata Mandeh sebagai destinasi baru di Sumatera Barat.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata Mandeh yang dikenal dengan pulau-pulaunya yang eksotis dan wisata baharinya,” kata Basuki.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Pemerintah mentargetkan 20 juta wisatawan asing di tahun 2019 datang ke Indonesia. Dengan terbangunnya akses jalan di kawasan wisata baru target itu, dikatakan Basuki akan tercapai.

“Sektor pariwisata menjadi salah satu program Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meningkatkan devisa dan investasi,” jelasnya.

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Jalan akses Wisata Mandeh terkoneksi dari Teluk Kabung – Sungai Pisang – Sungai Nyalo – Mandeh – Carocok dan Tarusan di Provinsi Sumatera Barat. (*)