Teknologi VoIP Layanan Telepon Tetap ‘Ofon’ Hadir Di Bali

    


Gabriel Hermawan Wishnu memberikan pemaparan tentang Ofon, di Kuta - foto: Ari Wulandari/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Penyedia Teknologi VoIP Layanan Telepon Tetap ‘Ofon’ Hadir Di Bali. Hal ini sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat untuk kepentingan komunikasi bisnis dan rumahan agar tetap terhubung dengan teknologi yang telah disiapkan.

Dalam kaitan menguatkan hubungan yang baik dengan konsumennya, Ofon mengadakan kegiatan sosialisasi di Kuta, Sabtu (10/11/2018). Puluhan peserta adalah para pekerja divisi IT Hotel yang tergabung dalam Asosiasi IT Hotel Provinsi Bali.

Dalam Ofon Workshop & Technology Update 2018 yang mengangkat tema ‘Converging Tomorrow Today: The Voip Revolution’, Head of Product Management PT Batam Bintan Telekomunikasi Gabriel Hermawan Wishnu menuturkan, Ofon menyelenggarakan workshop bertujuan berbagi informasi terkait penerapan tekhnologi VoIP terhadap layanan telepon tetap di Indonesia dan dunia pada umumnya.

“Bagaimana beradaptasi menghadapi tantangan teknologi VoIP dan memanfaatkan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dari teknologi itu,” tutur Gabriel.

Gabriel menambahkan, keuntungan itu, diantaranya penghematan biaya panggilan telepon dimana tarif Ofon yang kompetitif dibandingkan operator lain dan free of charge panggilan telepon kepada sesama pengguna Ofon secara otomatis.

Selain itu, penghematan biaya juga bisa didapatkan dari pengurangan biaya pemeliharaan jaringan, karena penyebaran layanan telepon menjadi satu dengan jaringan data..

Ia menambahkan, keuntungan didapatkan dari kemudahan kemudahan pengelolaan layanan telepon, fleksibilitas pengaturan tambah-kurang kapasitas.

“Kemudahan pengelolan system telephony (PBX).”Dan yang terpenting High availability dan kualitas suara jernih,” imbuhnya.

Di pihak lain, derasnya arus informasi dan kemudahan berkomunikasi sebagai hasil perkembangan teknologi melahirkan sisi lain dengan membanjirnya informasi hoaks yang tidak bisa dihindarkan. Tak ayal tumbuh subur anonimitas.

Karena itu, layanan telepon rumah dan kantor sesuai kode wilayah geografis menjadi relevan sebagai jaminan kredibilitas sebuah identitas baik perorangan maupun institusi.

Dalam kesempatan sama, CEO Ofon, Pratama Habibi menjelaskan, dalam workshop membahas solusi-solusi yang dapat diterapkan oleh hotel-hotel dan perusahaan-perusahaan yang menghadapi tuntutan perubahan teknologi telepon analog transisi ke telepon berbasis IP.

“Kami senang bisa berinteraksi dengan rekan-rekan profesional IT di Bali semoga bisa berbagi informasi tentang perkembangan teknologi yang selalu dinamis berubah setiap waktu,”ucapnya.

Dijelaskan, selain untuk perumahan dan bisnis, Ofon juga tengah bekerjasama membangun layanan untuk departemen UMKM di Indonesia.

Untuk di Bali, Pratama Habibi optimis Ofon bisa berkembang dengan baik apalagi sudah ada tawaran kerjasama dengan Cellular World, store produk mobile terbesar di Bali. “Kami sedang jajagi kerjasama dengan semua pihak termasuk dengan Cellular World,” ujarnya.

General Manager Cellular World Malika Jiwaji mengakui pihaknya sudah bertemu dan berdiskusi tentang kerjasama itu. Dan menurutnya tak menutup kemungkinan adanya kerjasama bisnis yang baik di waktu mendatang. (ari)