Tanggulangi Tuberkulosis, Pemkab Purworejo Bentuk KOPI TB

    


Pembentukan KOPI TB Pemkab Purworejo di Auditorium RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Jum'at (30/8) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Guna menanggulangi Tuberkulosis, Pemkab Purworejo membentuk KOPI TB (Koalisi Organisasi Profesi Indonesia untuk Penanggulangan Tuberkulosis. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Jum’at (30/8).

Sebanyak 55 peserta mengikuti kegiatan ini, terdiri dari Bagian Kesra Setda Purworejo, Kepala BAPPEDA Purworejo, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, KOPI TB Provinsi Jawa Tengah, RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Organisasi Profesi.

“TB ini penyebabnya multi faktor sehingga jika tidak melibatkan semua pihak maka mustahil melakukan pencegahannya secara maksimal,” ujar Direktur RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, Drg. Gustanul Arifin, M.Kes, saat membuka kegiatan ini.

Untuk mengeliminasi, kata Gustanul, harus dapat menemukan kasus TB sebanyak-banyaknya dan mengobatinya sesuai standar agar tidak terjadi penularan yang baru.

Masing-masing organisasi profesi, menurut Gustanul, wajib melakukan penjaringan terhadap pasien yang memiliki ciri-ciri gejala TB kemudian dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dijelaskan pula oleh Gustanul, Tuberkulosis masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. Program tuberkulosis merupakan salah satu program yang masuk ke dalam Standar Minimal Prosedur (SPM) dan mempunyai beberapa indikator yang harus dicapai.

Tujuan dari pembentukan KOPI TB sendiri, menurut Gustanul, untuk meningkatkan keterlibatan praktisi dalam kegiatan penanggulangan TBC, agar semua anggota profesi melaksanakan tatalaksana TBC sesuai dengan standar ISTC ( International Standar Tuberculosis Care) dan Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran TBC, serta, agar semua pasien TBC yang diobati ternotifikasi dalam sistem informasi Program TB Nasional.

“Juga
untuk meningkatkan keberhasilan penanggulangan TBC,” kata Gustanul.

Dalam pembentukan KOPI TB tersebut, disampaikan pula beberapa materi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo membahas tentang Analisis Situasi TB dan Permasalahan TB di Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah membahas tentang Strategi Pengendalian TB di Jawa Tengah, dan dari KOPI TBC Provinsi Jawa Tengah sendiri membahas tentang Peran Dan Fungsi KOPI TB dalam pengendalian TBC. (Jon)