Tampil di Panggung Hiburan Pituruh Expo, Siswa-siswi SMPN 20 Purworejo Pukau Penonton

oleh
Penampilan siswa-siswi SMPN 20 Purworejo dalam Panggung Hiburan Rakyat di Pituruh Expo, Senin (21/08/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Keluarga besar SMPN 20 Purworejo ikut ambil bagian dalam Panggung Hiburan Rakyat di Pituruh Expo, yang berlangsung di halaman kecamatan Pituruh sejak Kamis (17/08/2023) hingga Jum’at (25/08/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Sekolah yang berkampus di jalan Brengkol Km.1 Pituruh ini tampil di hari Senin (21/08/2023), dari jam 13.00-16.30 WIB. Sebanyak 16 pentas seni ditampilkan siswa-siswi dengan berbagai jenis penampilan, dari tarian tradisional, tari modern hingga tari kreasi.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Purworejo dan Mars SMPN 20 Purworejo, pentas seni dimulai dengan penampilan Tari Wonderland Indonesia oleh Kelas 7E, dilanjutkan dengan Semaphore Dance oleh Dewan Penggalang Putri dan Tari Domba Kuring oleh Kelas 7D.

Kepala SMPN 20 Purworejo Drs Budi Arwanto, M.Pd.,Si.,yang mendampingi siswanya dalam pentas seni tersebut menjelaskan, dalam beberapa kali penampilan, diselingi dengan menyanyi solo karaoke maupun iringan musik oleh Urip Triyanto, S.Pd.

“Usai pentas seni yang ketiga, dilanjutkan dengan Menyanyi Solo oleh Aurel dengan lagi Sanes (karaoke),” jelas Budi, didampingi Waka Kesiswaan Marlan, S.Pd..

Berturut-turut, pentas seni dilanjutkan dengan Tari Wonderland Indonesia oleh OSIS SMP Negeri 20 Purworejo, Tari Dolalak ATF oleh Kelas 9, Tari Suka Suka Kami (8F), Tari Blek Dik Dot (7A), dilanjutkan dengan selingan Menyanyi Solo oleh Via dengan lagu Saktenane (karaoke).

Dilanjutkan dengan Tari Wonderland Indonesia (8D), Tari Manuk Dadali (7E), Tari Dolalak Unnes (7B), Menyanyi Solo oleh Silvia judul lagu Sial,Tari Domba Kuring Kelas (8E), Tari Manuk Dadali (7C),Tari Dolalak (7F), Menyanyi Solo oleh Mayang dengan lagu Amin Paling Serius (karaoke), Tari Anoman Obong (8B),Tari Yapin (7C), Tari Medley Nusantara (7B).

Selanjutnya Menyanyi Solo oleh Desiana judul lagu Jiwa yang Bersedih (karaoke), Tari Dolalak Dewan Penggalang Putra, Menyanyi Solo oleh Mursidatul Kasanah, S.Pd dengan lagu Usik dan Not You. Usai penutup, diakhiri dengan Menyanyi duet Desti & Nova dengan Nemen.

Selama pentas seni berlangsung, tepuk tangan meriah dari penonton selalu mengiringi. Merekapun terpukau dengan penampilan siswa siswi SMPN 20 Purworejo itu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak kecamatan atas kepercayaannya kepada kami untuk ikut memeriahkan acara ini, juga kepada orangtua siswa yang mensuport kegiatan ini sepenuhnya,” ungkap Budi.

Dia tak menyangka, bahwa siswa-siswi SMPN 20 Purworejo memiliki banyak potensi. Dan potensi itu tergali saat kegiatan acara ulang janji, dimana saat itu siswa unjuk kebolehan. Dia berharap, potensi yang ada di sekolahnya SMPN ini bisa dikembangkan.

Marlan menambahkan, persiapan siswanya sebelum pentas, dengan rajin latihan seminggu sebelumnya. Dan yang membuatnya bangga, semua kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari orangtua siswa. Dari sekolah hanya memfasilitasi.

Dia berharap kedepannya bisa lebih mengembangkan lagi potensi anak. Dengan adanya tampilan ini, pihaknya betul-betul diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi anak yang ada dan ternyata hasilnya luar biasa.

“Dengan gebrakan menampilkan semua potensi siswa dengan dukungan penuh orangtua ternyata bisa sangat maksimal. Baru pertama kali, menampilkan sebuah pertunjukan berskala besar yang disupport sepenuhnya oleh orangtua,” pungkas Marlan, yang akan mengevaluasi kegiatan ini agar kedepannya bisa lebih baik lagi. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News