Tahun Depan, Tanda Tangan Digital Diakui Keabsahannya di Kota Denpasar

    


Penandatanganan kerjasama dilakukan Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik Denpasar I Dewa Made Agung (kanan) dan Kepala BSrE Lemsaneg, Anton Setiyawan yang disaksikan Sekda Kota Denpasar, A A N Rai Iswara - foto: Ari Wulandari/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Mulai tahun depan Pemkot Kota Denpasar mulai memberlakukan tanda tangan digital. Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, menjelaskan, hal itu untuk memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan kepada masyarakat.

Persiapan pemberlakuan tanda tangan digital dilakukan dengan penandatangan kerjasama antara Pemkot Denpasar dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

“Kami mendukung upaya Pemkot Denpasar dalam penerapan sistem elektronik yang aman dalam mempermudah pelayanan lebih cepat dan lebih mudah kepada masyarakat,” ujar Dewa Gede Rai, Jumat, 17 November 2017.

Menurut Dewa Rai, tanda tangan digital ini akan berlaku di seluruh SKPD Kota Denpasar, paling lambat tahun depan. “Dengan tanda tangan digital, maka keamanan dokumen-dokumen penting seperti SK (Surat Keputusan) tidak bisa diubah atau dipalsukan,” terangnya.

Dewa Gede Rai menambahkan, saat ini pihaknya tinggal mempersiapkan SDM, aplikasinya, alat maupun kelengkapan sistem. Penjelasan Dewa Rai memperkuat pernyataan Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, I Dewa Made Agung yang menyatakan, kerjasama mengenai pemanfaatan sertifikat elektronik akan segera diterapkan di lingkungan Pemkot Denpasar.

“Jadi tanda tangan elektronik itu merupakan tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi,” kata Dewa Made Agung.
Penandatanganan perjanjian kerjasama (PPK) tentang pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, dilakukan pada Rabu (15/11/2017) di Aula Mahotama Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar. (Ari)