Sudirman Said Apresiasi Sidang Etik MKD Digelar Terbuka

    


Sudirman Said - sewarga.com

KORANJURI.COM – Menteri ESDM, Sudirman Said memberikan apreasiasi proses persidangan etik MKD yang dilakukan secara terbuka. Di akhir sidang perdana itu diperdengarkan rekaman percakapan antara MR, SN dan MS.

“Tadi kita menyakskan proses yang terbuka. Ini menjadi pembelajaran kita bersama dan kita berharap proses ini dilakukan dengan terbuka dan sangat profesional,” kata Sudirman Said dalam konferensi pers usai Sidang Etik Mahkamah Kehormatan Dewan, 2 Desember 2015.

Menurut Sudirman Said, apapun hasilnya, pengaduan yang dilakukannya bisa menjadi sarana perbaikan demi menjaga martabat, kehormatan dan keluhuran dewan. Meski sempat terjadi perdebatan alot terkait pemutaran rekaman. Namun dari hasi voting menunjukkan jumlah yang setuju rekaman diputar lebih banyak.

Sudirman Said juga mengklarifikasi posisinya sebagai pengadu yang cenderung dipersalahkan dalam Sidang Etik tersebut. Dirinya merasa tidak sedang dipersalahkan. Hanya saja, ia berharap siapapun yang mengadukan pelanggaran etika dewan akan diperlakukan dengan baik.

“Saya rasa tidak. Siapapun yang mengadu sebaiknya dimuliakan, dilindungi,” ujarnya.

Rekaman percakapan berdurasi 1.27 menit itu diperdengarkan langsung kepada publik di sidang etik perdana MKD. Konten isi percakapan dalam rekaman tersebut masih akan dikonfirmasikan kepada saksi lain yakni MS dan MR.
 
 
way/Koranjuri.com