Soal UN Tingkat SMA Hari ini Didistribusikan ke Seluruh Bali

    


Ujian Pemantapan/Ilustrasi

KORANJURI.COM – Sebanyak 3.247 kardus soal Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) hari ini, 1 April 2016, didistribusikan ke seluruh wilayah Bali. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, terlebih dulu memberangkatkan ke wilayah paling jauh yakni Jembrana, Buleleng, Klungkung dan Karangasem.

Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Disdikpora Provinsi Bali, I Gede Ketut Seputra Aryadi mengatakan, paket soal ujian nasional itu langsung diserahkan ke kabupaten untuk didistribusikan kembali ke tingkat kecamatan.

“Yang kami kirimkan bukan dalam bentuk paket tapi dus, sebanyak 3.247 untuk semua mata pelajaran. Kami berangkatkan dulu ke tiga kabupaten paling jauh, Jembrana, Buleleng dan Klungkung kemudian disusul di kabupaten lain,” jelas Seputra Aryadi di kantornya, 1 April 2016.

Menurut Seputra Aryadi, meski UN sekarang bukan satu-satunya penentu kelulusan namun protap baku tetap berlaku mengingat soal UN adalah dokumen negara. Tahun ini, total jumlah peserta UN sebanyak 56.309 orang yang terdiri dari SMA 25.818 orang, Madrasah Aliyah (MA) 959, SMA Luar Biasa (LB) 42, SMK 27.041 dan Paket C 2.449 orang.

Jumlah tersebut termasuk peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tahun ini diikuti oleh 26 sekolah tingkat SMA/SMK dan satu sekolah tingkat SMP. Seputra Aryadi mengatakan, tahun ini jumlah sekolah penyelenggara UNBK meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer menurut Gede Ketut Seputra Aryadi, menjadi model ujian nasional terintegrasi. “Harapannya nanti semua sekolah menerapkan UNBK. Hanya saja proses kesana masih cukup jauh jika melihat kendala yang ada sekarang, terutama jaringan internet,” ujarnya demikian.
 
 
Way