SMP Muh PK Kotabarat, Gelar Wayang Kulit Daring Di Milad Ke 10

    


Pementasan wayang kulit virtual SMP Muh PK Kotabarat saat puncak perayaan Milad Ke-10 - foto : Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat, Surakarta, Sabtu pagi (19/12/2020) menyelenggarakan puncak perayaan Milad ke-10 tahun dengan menggelar pementasan wayang kulit virtual bertempat di aula sekolah SMP Muhammadiyah PK, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Acara yang diselenggarakan secara daring itu juga ditayangkan di kanal youtube sekolah PK TV. Pementasan wayang kulit mengambil lakon ‘Bima Labuh Praja’ bersama dalang Nabil Abyan Jalu Pangukuh.

“Salah satu dalang yang tampil yakni siswa kami dari kelas IX yang pernah meraih prestasi sebagai dalang terbaik tingkat nasional dilomba dalang tahun 2020,” jelas Muhdiyatmoko, M.Pd., Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah PK Kotabarat.

Muhdiyatmoko, Kepala Sekolah SMP Muh PK Kotabarat, Surakarta.

Muhdiyatmoko MP.d, Kepala Sekolah SMP Muh PK Kotabarat, Surakarta.

Sebelumnya, SMP Muhammadiyah PK juga sudah menyelenggarakan rangkaian kegiatan diantaranya, penggalangan donasi untuk para pengungsi Gunung Merapi dan Bhakti Sosial untuk warga pandemi corona.

Milad Ke-10, kata Muhdiyatmoko, sebagai refleksi dan evaluasi perjalanan selama selama satu dasawarsa, dari apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan.

Muhdiyatmoko berharap, lembaga pendidikan yang dipimpinnya mampu menjadi motivator sesuai dengan tagline pendidikan Muhammadiyah yang ‘Berkemajuan dan Mencerahkan’.

Acara puncak perayaan Milad diisi dengan penampilan paduan suara, solo vocal dan tarian ‘Manuk Dadali’ oleh putra putri siswa SMP Muhammadiyah PK Kotabarat.

Selain pementasan, juga diserahkan hadiah kepada para juara lomba vlog competition dan para guru maupun tenaga pendidik yang berprestasi.

“Melalui sinergi dan korelasi budaya lokal, SMP Muhammadiyah PK Kotabarat berharap dapat memperkuat nilai karakter para siswa di tengah derasnya arus globalisasj jaman,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga dilaunching aplikasi belajar pk-learning.com dan digital library.

Kedua aplikasi ini diluncurkan untuk mempermudah proses belajar mengajar jarak jauh yang saat ini tengah berlangsung.

Ragam prestasi ditorehkan SMP Muhammadiyah PK Kotabarat diantaranya, masuk dalam daftar seratus sekolah unggulan nasional. Meraih nilai tertinggi UN 2020 di Kota Surakarta dan segudang prestasi lainya.

Di usianya yang ke-10 tahun, SMP Muhammadiyah PK berusaha memberikan layanan sebaik mungkin untuk masyarakat, serta berusaha menjaga nilai karakter para siswa, sehingga mampu memberikan inspirasi kepada orang lain. (JK)

https://youtu.be/wqqyMFZ4nmU