SMKN 4 Purworejo Serahkan Bantuan Kapal Hasil Project Work

    


Penandatanganan berita acara serah terima bantuan kapal hasil project work taruna SMKN 4 Purworejo kepada 12 desa rawan banjir, Kamis (26/11/2020), di aula setempat - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 4 Purworejo, menyerahkan bantuan kapal hasil project work kepada 12 desa rawan banjir, Kamis (26/11/2020), di aula setempat.

12 desa penerima bantuan ini, berasal dari 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo, yakni, Ngombol, Purwodadi, Butuh, Bagelen, dan Grabag.

Penyerahan disaksikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Purworejo, Cabang Dinas Pendidikan wilayah VIII, Forkompimca Kecamatan Ngombol, MKKS SMK Kabupaten Purworejo, Camat dan kepala desa penerima bantuan.

Dalam sambutannya kepala SMK Negeri 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd. M.Par menyampaikan bahwa 12 unit kapal untuk evakuasi korban banjir di daerah rawan bencana ini merupakan wujud kepedulian SMK Negeri 4 Purworejo terhadap kondisi di lingkungan di sekitar wilayah sekolah, khususnya pada musim penghujan seperti ini.

“Kita berharap, bantuan kapal tersebut dapat dimanfaatkan dalam situasi yang dibutuhkan dan dirawat, sehingga bisa bertahan untuk waktu yang akan datang,” ujar Purwanti.

Menurut Purwanti, dalam penentuan desa-desa yang memperoleh bantuan tersebut, SMK Negeri 4 Purworejo berkerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Purworejo.

Dijelaskan pula, kapal yang terbuat dari bahan drum bekas tersebut sudah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat menampung maksimal 6 orang dewasa dalam kondisi stabil di atas air.

“Kapal ini merupakan hasil Project work taruna Kompetensi keahlian NKPI dan TKPI yang dikerjakan selama kurang lebih 2 bulan, sebagai pengganti PKL yang tidak dilaksanakan dalam masa pandemi ini,” ungkap Purwanti.

Untuk tahapan pembuatan kapal itu sendiri, kata Purwanti, diawali dengan pemotongan drum, yang dilanjutkan dengan pengelasan, pendempulan, pengecatan dan tahap uji coba di kolam sekolah.

Lebih jauh Purwanti juga menjelaskan, sebanyak 168 taruna SMK Negeri 4 Purworejo baru saja menyelesaikan Diklat Ketrampilan Pelaut di Poltekpel Surabaya. Kegiatan diklat tersebut, murni dibiayai oleh pemerintah melalui Poltekpel Surabaya, sehingga taruna tidak dibebankan biaya diklat.

“Sertifikat yang diperoleh, sertifikat Basic Safety Training (BST), Sertifikat Safety Awarenes Training (SAT), sertifikat Advance Fire Fighting (AFF) dan Buku Pelaut. Sertifikat tersebut sebagai bekal nanti, jika taruna sudah lulus dari SMK Negeri 4 Purworejo untuk memperoleh pekerjaan,” terang Purwanti.

Kepala BBPD Kabupaten Purworejo, Drs. Sutrisno, Msi, menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik bantuan tersebut, karena nantinya bisa mengurangi resiko bencana.

“Di Kabupaten Purworejo terdapat 325 desa rawan bencana,” kata Sutrisno.

Sutrisno juga berharap, SMK N 4 Purworejo menjadi sekolah rujukan untuk bidang kelautan dan perikanan.

Selain bantuan kapal, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat hasil diklat ketrampilan pelaut kepada taruna NKPI Arif Budi Ruhul Hidayat dan taruna TKPI Febriyan Triyantoro.
(Jon)