SMKN 1 Purworejo

    

Terima 384 Siswa Baru di PPDB Tahun Pelajaran 2017/2018

SMK N 1 Purworejo foto: Sujono/Koranjuri.com

SMK N 1 Purworejo foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pembelajaran 2017/2018, SMK N 1 Purworejo mulai menerima pendaftaran secara online, yang dimulai tanggal 12 – 14 Juni 2017, dari pukul 8 pagi hingga 13.00 WIB. Dilanjutkan dengan test fisik dan penyerahan berkas pendaftaran pada 12 -14 Juni 2017. Untuk test khusus, dilaksanakan paling lambat tanggal 15 Juni 2017.

Menurut Budiyono, S.Pd, M.Pd, selaku kepala Sekolah SMK N 1 Purworejo, untuk PPDB tahun ini, sekolahnya menerima siswa baru sebanyak 384 siswa. Jumlah tersebut, untuk kompetensi keahlian/jurusan : konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan sebanyak 1 kelas (32 siswa), desain permodelan dan informasi bangunan sebanyak 64 siswa (2 kelas), desain interior dan tekhnik furniture 1 kelas (32 siswa), tekhnik instalasi tenaga listrik 3 kelas (96 siswa), tekhnik pengelasan 1 kelas (32 siswa), tekhnik pemesinan 2 kelas (64 siswa), dan tekhnik kendaraan ringan otomotif 2 kelas (64 siswa).

“Khusus untuk kompetensi keahlian tekhnik konstruksi gedung sanitasi dan perawatan, serta desain interior dan tekhnik furniture, lama pendidikannya 4 tahun,” jelas Budiyono, Rabu (7/6).

Adapun syarat-syarat pendaftarannya, kata Budiyono, memiliki Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) SMP/MTs/sederajat, berusia setinggi-tingginya 21 tahun, terhitung tanggal 17 Juli 2017 (dibuktikan dengan akte kelahiran/surat kena lahir), tidak buta warna, tidak tuna rungu, dan tidak tuna wicara (dibuktikan dengan hasil test fisik oleh tim SMK N 1 Purworejo), tidak cacat tubuh yang bisa mengganggu kegiatan belajar dan praktek, rambut tidak disemir, tidak bertato dan bertindik (pria).

Untuk jurusan tekhnik kendaraan ringan otomotif dan tekhnik pengelasan, tinggi pria minimal 155 cm, dan wanita minimal 150/cm. Untuk jurusan tekhnik pemesinan, tinggi pria dan wanita minimal 155 cm. Untuk tekhnik instalasi tenaga listrik, tinggi pria minimal 155 cm, wanita minimal 152 cm. Untuk jurusan konstruksi gedung sanitasi dan perawatan, desain pemodelan dan informasi bangunan, desain interior dan tekhnik furniture, tinggi pria minimal 150 cm, wanita minimal 145 cm.

Syarat selanjutnya, jelas Budiyono, tidak memiliki alpha lebih dari 5 hari selama di SMP di tingkat IX, yang ditunjukkan dengan raport asli, nilai prestasi bagi pendaftar yang memiliki piagam minimal juara tingkat kabupaten yang berlaku maksimal 3 tahun terakhir (saat SMP/MTs). Tambahan nilai diambil dari salah satu prestasi tertinggi.

Nilai kemaslahatan, lanjut Budiyono, merupakan nilai tambahan bagi calon siswa yang orangtuanya guru atau tenaga kependidikan. Nilai lingkungan, adalah nilai tambahan yang diberikan kepada calon siswa yang bertempat tinggal di lingkungan sekitar tempat satuan pendudikan, dan memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar).

“Calon siswa datang dengan orangtua/wali ke SMK N 1 Purworejo, dengan mengenakan seragam SMP asal, bersepatu, dan berperilaku santun,” jelas Budiyono, tentang prosedur pendaftarannya.

Kepala SMK N 1 Purworejo, Budiyono, S.Pd, M.Pd

Kepala SMK N 1 Purworejo, Budiyono, S.Pd, M.Pd

Calon siswa mengikuti cek fisik dan wawancara oleh tim, dengan ketentuan, warna stop map sesuai keahlian/jurusan. Stop map warna hijau, untuk jurusan konstruksi gedung, sanitasi dan perawatan, desain pemodelan dan informasi bangunan, desain interior dan tekhnik furniture. Stop map kuning, untuk jurusan tekhnik instalasi tenaga listrik. Stop map biru, untuk jurusan tekhnik pengelasan. Stop map merah, untuk jurusan tekhnik kendaraan ringan otomotif dan tekhnik pemesinan.

Calon siswa, kata Budiyono, mendaftar secara online di alamat: htpp://ppdb.jatengprov.go.id, dan bisa memilih dua jurusan. Calon siswa menyerahkan berkas penfaftaran kepada panitia, yang terdiri dari: foto copy ijasah/SHUN yang dilegalisir, hasil test fisik, foti copy akte kelahiran atau surat kelahiran yang dilegalisir, foto copy KK yang dilegalisir, foto copy KIP bagi yang memiliki dan dilegalisir, surat keterangan tidak mampu bagi yang memiliki, foto copy SK guru/tenaga kependidikan yang dilegalisir, serta pas foto 3×4 cm sebanyak 2 lembar.

“Calon siswa dan orangtua menunggu print out verifikasi dan menandatangani lembar verifikasi. Selanjutnya, calon siswa bisa memantau posisinya di website: htpp://ppdb.jatengprov.go.id,” jelas Budiyono lebih jauh.

Untuk keterangan lebih lanjut, kata Budiyono, bisa menghubungi SMK N 1 Purworejo, di Jl.Tentara Pelajar, Banyuurip, Purworejo, telpon (0275) 321948.
 
 
Jon