SMKN 1 Purworejo Terima Bantuan APP dari PT Komatsu

    


Uji coba mesin las bantuan PT Komatsu Indonesia - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 1 Purworejo, menerima bantuan APP (Alat Peraga Pendidikan) berupa satu set alat las GMAW dari PT Komatsu Indonesia. Serah terima bantuan dilakukan Rabu (7/3), di aula SMK N 1 Purworejo.

Dalam hal ini, jajaran direksi PT Komatsu Indonesia diwakili oleh Adi Putra Adam, selaku Grand Manajer, dan Asep Suhendi, selaku Senior Manajer.

Serah terima bantuan APP dilakukan dalam bentuk penandatanganan berita acara penyerahan, antara pihak PT Komatsu Indonesia, yang diwakili oleh Asep Suhendi, dengan SMK N 1 Purworejo, yang diwakili Budiyono, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala Sekolah.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU), antara PT Komatsu Indonesia dengan SMK N 1 Purworejo, sekaligus menjadi pembukaan Komatsu Class.

Simbolisasi penyerahan bantuan APP dari PT Komatsu Indonesia kepada SMK N 1 Purworejo, Rabu (7/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

Simbolisasi penyerahan bantuan APP dari PT Komatsu Indonesia kepada SMK N 1 Purworejo, Rabu (7/3) – foto: Sujono/Koranjuri.com

Dalam sambutannya, Adi Putra Adam menjelaskan, bahwa adanya bantuan APP tersebut, merupakan bagian dari Program Link and Match PT Komatsu Indonesia. Dan SMK N 1 Purworejo, merupakan salah satu dari 35 SMK penerima bantuan se Jawa.

“Tujuan dari Program Link and Match ini, untuk menyelaraskan antara pendidikan (praktek) di sekolah dengan dunia industri, dalam hal ini PT Komatsu Indonesia,” jelas Adi Putra Adam.

Dengan program ini, diharapkan, ketika para siswa terjun ke dunia kerja industri, sudah tak canggung lagi, karena apa yang dipelajari di sekolah, sama dengan yang ada di dunia industri.

Dalam kesempatan tersebut, Asep Suhendi memberikan paparan dan penjelasan tentang PT Komatsu Indonesia, sebuah perusahaan yang memproduksi alat berat, dan berkantor di Jakarta. Dalam hal ini, juga dilakukan tanya jawab, antara PT Komatsu Indonesia dengan para siswa.

Usai penyerahan bantuan, dilanjutkan dengan uji coba penggunaan alat las bantuan tersebut, yang dilakukan salah satu siswa jurusan teknik pengelasan.

Semua kegiatan tersebut, dilakukan di hadapan perwakilan para siswa, guru, komite sekolah, dan juga dihadiri Pengawas SMA/SMK dari BP2MK Magelang.

Secara terpisah, Budiyono, selaku Kepala SMK N 1 Purworejo mengaku sangat senang dan bangga, karena sekolahnya menjadi salah satu dari 35 SMK penerima bantuan APP tersebut. Dia mengucapkan banyak terima kasih pada PT Komatsu Indonesia, yang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

“Semoga saja, adanya bantuan APP ini bisa menambah pengalaman siswa, khususnya jurusan teknik pengelasan. Dan adanya Komatsu Class ke depannya bisa berjalan dengan baik,” ujar Budiyono.

Dengan adanya bantuan APP ini, kata Budiyono, maka alat peraga pendidikan untuk jurusan teknik pengelasan yang dimiliki sekolah menjadi 5. Diakui oleh Budiyono, bahwa APP dari PT Komatsu Indonesia ini lebih cangggih dan pengoperasiannya lebih mudah dibanding mesin las yang sudah ada.

Dijelaskan pula oleh Budiyono, dengan adanya kerjasama dengan PT Komatsu Indonesia, maka untuk selanjutnya para siswa SMK N 1 Purworejo bisa melakukan kunjungan industri, magang siswa, magang guru, juga dilibatkan dalam rekrutmen tenaga kerja.

Adanya Komatsu Class, jelas Budiyono, kurikulum pendidikannya, nantinya mengacu pada kurikulum Komatsu, dengan standar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut, dan bermanfaat bagi siswa untuk penentuan kompetensi keahlian di PT Komatsu Indonesia,” pungkas Budiyono. (Jon)