SMKN 1 Purworejo Raih Juara Umum LKS

    


Wabup Purworejo, Yuli Hastuti, saat menyerahkan piala pada peraih juara, saat penutupan LKS SMK tingkat Kabupaten Purworejo, Kamis (5/9) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 1 Purworejo, akhirnya meraih juara umum, dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo, yang dilaksanakan dari Senin (2/9) hingga Kamis (5/9).

SMK N 1 Purworejo meraih 11 juara satu (Automobile Technology, Industrial Control, Plastic Dies/Mould Making, Pattern Making/Prototype Modelling, Welding, CNC Milling, Production Machine/CNC Turning, Electrical Instalation/Commercial Wiring, Wall and Floor Tilling, Auto Cad/CAD Building, Computer Aided Design & Drawing (CADD), 2 juara dua (Wall & Floor Tilling, Auto Cad/CAD Building), dan 2 juara tiga (Bricklaying, Welding).

Penutupan lomba yang diikuti 42 SMK se Purworejo, dengan mempertandingkan 23 mata lomba itu, dilakukan oleh Prihestu Hartomo, S.Pd, MSi, Kasi SMK dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Kamis (5/9), yang ditandai dengan pemukulan gong.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wabup Purworejo Yuli Hastuti, Ketua DPRD Dion Agassi, para kepala SMK, para kepala BUMD, serta segenap tamu undangan.

Dalam sambutannya, Yuli Hastuti menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa yang berhasil meraih prestasi dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa tingkat SMK se Kabupaten Purworejo itu.

“Mudah-mudahan para siswa yang meraih prestasi terbaik melalui ajang LKS ini, akan mampu meneruskan tradisi juara yang diraih Kabupaten Purworejo, mengingat selama beberapa tahun selalu ada siswa Purworejo yang meraih juara di ajang LKS nasional bahkan internasional,” ujar Yuli Hastuti.

Dikatakan, Lomba Kompetensi Siswa SMK merupakan salah satu wahana yang tepat dan efektif guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing lembaga SMK, termasuk di Kabupaten Purworejo.

“Diharapkan, dengan kegiatan LKS-SMK ini dapat meningkatkan kualitas dan prestasi siswa, dan dapat meningkatkan peran serta SMK, terhadap dunia usaha/industri melalui ketersediaan sumberdaya manusia yang handal,” kata Yuli Hastuti.

Sementara itu, Gandung Ngadino, SPd, selaku Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo menyampaikan, bahwa para peserta yang meraih juara satu untuk tiap mata lomba, akan mewakili Kabupaten Purworejo dalam LKS SMK tingkat Provinsi Jateng, yang akan berlangsung di Purwokerto, Nopember mendatang.

“Di Purworejo, ada 42 SMK, negeri dan swasta, dengan 28 kompetensi keahlian. Jumlah keseluruhan siswanya, mencapai 19.258 orang,” ungkap Gandung Ngadino.

Dengan dilaksanakannya LKS tersebut, menurut Gandung Ngadino, bisa memberikan dampak positif bagi siswa, dan menjadi salah satu implementasi dari program Presiden Jokowi, dalam meningkatkan SDM. (Jon)