SMKN 1 Purworejo Juarai Lomba Krenova dan Mural

    


Gede Bagus Wacana dan Agung Budi Wibowo (paling kiri), dua siswa SMK N 1 Purworejo yang meraih juara satu dalam Lomba Krenova tahun 2018 tingkat Kabupaten Purworejo.

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan diraih siswa SMK N 1 Purworejo, Gede Bagus Wacana dan Agung Budi Wibowo, keduanya siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan A. Lewat hasil kreativitasnya, Smart Safety Helmet, keduanya meraih juara satu dalam Lomba Krenova (Kreativitas dan Inovasi) tahun 2018, yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Purworejo, pada kategori teknologi dan rekayasa.

Atas prestasinya itu, Bagus dan Agung mendapatkan hadiah piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 8 juta. Mereka juga berhak mewakili Purworejo, dalam lomba Krenova tingkat Provinsi Jateng, yang akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli tahun 2019.

“Smart Safety Helmet ini memiliki banyak kelebihan. Helm ini, memiliki keamanan yang lebih. Di dalamnya, ada komponen-komponen yang kita rangkai sedemikian rupa,” ujar Bagus, yang didampingi Agung, Senin (3/12).

Kelebihan dari helm ini, ungkap Agung, anti begal dan memiliki sistem weaper, penghilang air di kaca saat hujan. Untuk mengaktifkan sistem yang ada, cukup dengan menggunakan perintah suara.

Helm ini juga terkoneksi dengan sepeda motor yang dikendarai. Jika ada ancaman pembegalan, dengan perintah suara, maka secara otomatis, sistem akan memutus aliran positif coil, sehingga motor langsung mati, dan menghidupkan sirine tanda bahaya.

“Ide ini muncul, terinspirasi dengan maraknya pembegalan motor,” ungkap Bagus.

Menurut keduanya, butuh waktu enam bulan untuk membuat Smart Safety Helmet ini. Setelah sempat mengalami beberapa kali kegagalan dalam uji coba, dengan bimbingan Eko Wahyu Widayanto, guru otomotif yang juga guru pembimbing, akhirnya berhasil juga membuat Smart Safety Helmet ini.

Selain menjuarai Lomba Krenova 2018 tingkat Kabupaten Purworejo, SMK N 1 Purworejo juga menjuarai Lomba Mural tingkat SMA/SMK/MA, yang diselenggarakan Kantor Kesbangpol Kabupaten Purworejo, dengan tema Patriotisme.

Dalam lomba yang dilaksanakan Sabtu (24/11) lalu itu, tim mural SMK N 1 yang beranggotakan Fahmi Fauzi, Rindiani Astuti, Teguh Priantono, dan Yuliana Siti Fatimah, semuanya siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan, berhasil meraih juara satu, mengalahkan lima peserta lainnya, SMA 5, SMA 3, SMK Pancasila, SMA Pancasila, dan SMK Kesehatan Purworejo.

Tim mural SMK N 1 Purworejo ini, menyampaikan pesan lewat kreativitas mural, yang berjudul Pahlawan Masa Kini Melawan Korupsi. Disini, diilustrasikan, seekor tikus dipenjara, dengan setumpuk uang hasil korupsi.

“Kita berhasil menyalurkan ide dari pengembangan tema. Ide kreativitas ini baru, yang belum biasa digunakan,” jelas Teguh, dengan didampingi Ariyanti, guru desain interior teknik furniture, yang juga guru pembimbing mural.

Atas prestasinya ini, tim mural SMK N 1 Purworejo mendapatkan hadiah piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 600 ribu. Kemenangan ini, bukanlah yang pertama. Beberapa waktu lalu, tim ini juga menjuarai lomba mural dalam rangka HUT SD Maria.

Kemenangan ini, menurut Teguh, sangatlah berarti. Kedepan, mereka akan lebih berinovasi dalam mengembangkan seni mural ini, sebagai media untuk mengurangi vandalisme.

Tim mural SMKN 1 Purworejo, yang meraih juara satu dalam Lomba Mural tingkat SMA/SMK/MA yang diselenggarakan Kantor Kesbangpol Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

Tim mural SMKN 1 Purworejo, yang meraih juara satu dalam Lomba Mural tingkat SMA/SMK/MA yang diselenggarakan Kantor Kesbangpol Kabupaten Purworejo – foto: Sujono/Koranjuri.com

Sementara itu, Budiyono, Spd, MPd, selaku Kepala SMK N 1 Purworejo, mengaku sangat bangga dengan prestasi anak didiknya itu. Dengan kemenangan ini, bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya, untuk meraih hal serupa. (Jon)