SMKN 1 Pantai Baru Kirim Siswa Prakerin Hingga Ke Jawa Tengah

    


Pelepasan siswa SMKN 1 Pantai Baru untuk mengikuti program Prakerin - foto: Isak Doris Faot/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 22 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao mengikuti Praktik Kerja Industri. Siswa terdiri dari 3 jurusan masing-masing, Program TKJ melakukan Prakerin di Kota Kupang, ATPH di Waikabubak Sumba dan NKPI di Pati, Jawa Tengah.

Kepala sekolah setempat, Frederikus L. Suyatna mengatakan, prakerin menjadi syarat dalam pendidikan di sekolah kejuruan.

“Dilaksanakan selama 3 bulan dan ini merupakan prasyarat untuk mengikuti Ujian Nasional,” jelas Suyatna.

Praktek Kerja Industri diawali dari kelas X selama satu bulan, jelas XI selama 2 bulan dan kelas XII selama 3 bulan. Sehingga selama menimba ilmu mereka melakukan praktek kerja selama 6 bulan.

para siswa yang dikirim tugas praktek di luar wilayah Rote Ndao terbagi dalam tiga sesi. Kelas X selama sebulan, Kelas XI selama 2 bulan dan kelas XII selama 3 bulan. Dengan demikian siswa benar-benar berkualitas dan siap bekerja di dunia Industri sesuai dengan jurusannya.

“Jika siswa tidak mengikuti aturan di perusahaan, akan dikembalikan ke sekolah,” jelas Frederikus L. Suyatna.

Ketua Prakerin yang juga menjabat sebagai Humas SMKN 1 Pantai Baru, Richard Penna mengatakan, lokasi prakerin telah disurvei sebelumnya.

“jadi panitia telah melakukan survey di dunia industri yang profesional. Harapannya, siswa bisa mengaplikasikan ilmunya yang tepat, dan kelak menjadi tenaga kerja trampil,” kata Penna.
 
 
Zak

Hits: 0