SMK YPP Purworejo Gelar Karya P5 Bertema Kebekerjaan serta Bangunlah Jiwa dan Raganya

oleh
Jajaran Koramil Banyuurip dan fasilitator P5 SMK YPP Purworejo berfoto bersama usai gelar karya P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, Kamis (25/05/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, SMK YPP Purworejo di semester genap ini mengadakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), dengan mengambil dua tema, Kebekerjaan dan Bangunlah Jiwa dan Raganya.

Diikuti 265 siswa kelas X dari 3 kompetensi keahlian, yakni, Teknik Konstruksi dan Perumahan, Teknik Ketenagalistrikan serta Teknik Mesin, kegiatan P5 ini dilaksanakan dari Selasa (02/05/2023) hingga Jum’at (26/05/2023).

Sebagai puncak dari kegiatan P5 ini, SMK YPP Purworejo melakukan Gelar Karya P5 untuk dua tema tersebut. Gelar Karya P5 tema Kebekerjaan, proses kegiatan dilakukan sejak Selasa (02/05/2023) hingga Selasa (09/2023).

“Untuk produk P5 bertema Kebekerjaan ini, siswa membuat poster tentang keselamatan kerja (K3), melakukan teknik wawancara/interview serta membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan kerja. Untuk Narasumbernya dari DUDI, sesuai kompetensi keahlian masing-masing,” jelas Kepala SMK YPP Purworejo, Mugi Widodo, S.Pd., Kamis (25/05/2023).

Pada tema kedua P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya, dari pihak sekolah bekerjasama dengan Koramil Banyuurip. Dalam tema ini, kata Mugi, karena ada bangunlah jiwa, dimana berkaitan dengan penerapan ketarunaan, siswa diberikan pemahaman tentang nasionalisme, patriotisme dan juga secara fisik anak-anak dilatih PBB.

“Dan projek akhir dari kegiatan P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, dengan membentuk atau memuat konfigurasi yang semuanya merupakan hasil kolaborasi antara tim fasilitator P5 dan juga dari pihak Koramil Banyuurip,” kata Mugi, yang didampingi Ambyah, S.Pd., selaku Waka Kesiswaan dan fasilitator P5.

Konfigurasi tulisan SMK YPP Purworejo dalam Gelar Karya P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya - foto: Koranjuri.com
Konfigurasi tulisan SMK YPP Purworejo dalam Gelar Karya P5 tema Bangunlah Jiwa dan Raganya – foto: Koranjuri.com

Sebelum gelar karya konfigurasi ini dimulai, Mugi menyebut, Danramil Banyuurip Mayor Inf Sutrisno sempat memberikan pengarahan dengan menekankan pentingnya disiplin sebagai kunci kesuksesan. Dalam hal ini, Danramil meminta siswa untuk disiplin di keluarga, disiplin di jalan menuju sekolah dan disiplin di sekolah dengan menaati aturan di sekolah. Selain perlunya disiplin, ikhtiar berdoa dan restu orangtua juga tak kalah pentingnya.

Ambyah menambahkan, karena ini merupakan implementasi dari P5, maka ada penilaian, dari awal proses sampai akhir. Karena dalam proses itu anak-anak dibimbing untuk juga masuk dimensinya, bagaimana anak bekerjasama, berani menyampaikan pendapat, bertanggungjawab dan masih banyak lagi.

“P5 itu mengandung banyak dimensi yang dapat diterapkan. Yang paling utama disiplin, bertanggungjawab dan harapannya adanya perubahan karakter anak menjadi lebih baik dan lebih bertanggung jawab,” kata Ambyah, sambil menyebut pada tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, siswa dilatih dalam hal kedisiplinan, kerjasama , kebersamaan serta penanaman karakter supaya siswa memiliki rasa cinta tanah air.

Hasil akhir pada tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dalam hal kebersamaan, kata Ambyah, dengan membentuk konfigurasi bendera merah putih sambil menyantikan lagu Gebyar-Gebyar , konfigurasi tulisan P5 dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan konfigurasi tulisan SMK YPP Purworejo dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News