SMK TKM Purworejo Tandatangani MoU Dengan Kodim 0708

    


Para siswa peserta Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK TKM (Taman Karya Madya) Purworejo, menjalin kerjasama dengan Kodim 0708 Purworejo, untuk pembinaan generasi muda melalui kegiatan Pramuka. Kerjasama ini diawali dengan pembukaan pelantikan Bantara Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM, yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak, Sabtu (27/10), di Makodim Purworejo.

Pihak SMK TKM diwakili oleh Kepala Sekolah, Ki Gandung Ngadino, SPd, dan Kodim 0708 diwakili oleh Letkol Inf Muchlis Gasim, selaku Dandim 0708, dengan disaksikan seluruh anggota Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo.

Menurut Ki Gandung, tujuan dari kerjasama tersebut, untuk memberikan suatu wawasan pada siswa generasi muda, dalam rangka wawasan kebangsaan, dengan satu kesatuan. Ki Gandung memandang, bahwa generasi muda merupakan elemen penting untuk dijadikan perekat kebhinekaan.

“Kenapa generasi muda? Karena generasi muda pemilik masa depan, sehingga kami beri wawasan yang sama. Meski kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler, namun wajib, sehingga bisa dibiayai dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kepramukaan,” ujar Ki Gandung, usai penandatanganan MoU.

Dipilihnya TNI, menurut Ki Gandung, karena wawasan kebangsaan sangat melekat dengan instansi yang satu ini, dan merupakan bagian dari kehidupan TNI . Kegiatan ini sendiri, diikuti oleh 150 siswa SMK TKM, dari kelas X dan XI, dengan perincian, siswa putri 35 orang, dan 115 siswa putra yang terpilih.

Mereka akan mengikuti kegiatan kepramukaan, dengan perkemahan Sabtu Minggu di lapangan Batalyon 412, yang dilanjutkan dengan pelantikan Bantara, yang merupakan pasukan inti dari Pramuka.

“Di Purworejo, sudah ada 9 SMK dan SMA yang menjalin MoU dengan Kodim dan menjadi bagian dari Pramuka Saka Wira Kartika ini,” terang Ki Gandung, yang juga Ketua MKKS SMK Kabupaten Purworejo ini.

Selama kegiatan ini, kata Ki Gandung, para peserta akan mendapatkan banyak materi, terutama tentang wawasan kebangsaan, dengan pemateri dari Kodim dan Polres. Ki Gandung berharap, kegiatan tersebut bisa sukses dan berjalan lancar.

Dengan kegiatan tersebut, ujar Ki Gandung, bisa memberikan nilai positif pada siswa dan sekolah. Siswa akan menjadi lebih disiplin, karena disiplin merupakan awal dari kesuksesan.

“Otomatis kami akan menjadi lebih tertib, disiplin, dan baik. Ini akan menjadi informasi bagi masyarakat, sehingga mereka akan lebih mencintai kami,” kata Ki Gandung.

Dandim 0708, Letkol Inf Muchlis Gasim, bersama Ki Gandung Ngadino, Kepala SMK TKM Purworejo, usai penandatanganan MoU - foto: Sujono/Koranjuri.com

Dandim 0708, Letkol Inf Muchlis Gasim, bersama Ki Gandung Ngadino, Kepala SMK TKM Purworejo, usai penandatanganan MoU – foto: Sujono/Koranjuri.com

Hal yang sama juga dikatakan Muchlis Gasim. Kegiatan tersebut, merupakan bagian dari kerjasama antara Kodim 0708 dengan SMK TKM dalam rangka mendidik dan membentuk generasi muda melalui wadah kepramukaan.

Untuk saat ini, kata Muchlis Gasim, kegiatan Pramuka merupakan satu-satunya wadah yang pas untuk membentuk karakter generasi muda, dan menyiapkan mereka dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Sebenarnya ini tugas kita bersama. Kita mencoba menjadi pionir dalam hal ini. Banyak hal yang bisa dijadikan bekal buat mereka,” ujar Dandim.

Dari beberapa materi yang disampaikan selama kegiatan, kata Muchlis Gasim, tentunya akan sangat berguna apabila di implementasikan di lapangan. Materi itu, antara lain, Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountaineering,Krida Survival, serta Krida Penanggulangan Bencana. (Jon)