SMK TKM Purworejo Juarai Lomba Aeromodelling Jateng-DIY

    


Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadina, SPd, berfoto bersama guru pembimbing dan para siswa berprestasi, peraih juara satu dalam lomba Aeromodelling tingkat SMA/SMK/MA se Jateng-DIY, Senin (18/11) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim SMK TKM Purworejo, berhasil meraih juara satu dalam lomba Aeromodelling `Baron Techno Festival’, yang digelar di Pantai Baron, Gunung Kidul, Yogyakarta, selama dua hari, dari Sabtu (16/11) hingga Minggu (17/11).

Dalam lomba yang diselenggarakan oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), bekerjasama dengan Pemda DI Yogyakarta, Universitas Tekhnologi Yogyakarta, dan Pemkab Gunung Kidul itu, diikuti oleh 24 SMA/SMK/MA se Jateng-DIY.

“Selain juara satu, kita juga mendapat penghargaan sebagai Best Design dalam lomba tersebut,” jelas Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadina, SPd, Senin (18/11).

Atas prestasinya itu, tim SMK TKM Purworejo yang beranggotakan Adi Iman Santoso (XII TITL A), Maulana Islamudin (XII TITL A), Rendi Maulana (XII TITL B), Firman Yusuf Abdullah (XI TITL A), Miftakhul Wafa (XI TITL B ), dan Prasetyo Pamungkas (XI TITL B), mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, dan sejumlah uang pembinaan.

Dari pihak sekolah sendiri, kata Gandung, para siswa berprestasi yang dalam perlombaan tersebut didampingi enam guru pembimbing, mendapatkan reward berupa pembebasan biaya SPP selama 4 bulan, yang diberikan secara simbolis dalam upacara bendera, Senin (18/11) pagi.

Gandung mengaku, sangat bangga atas prestasi anak didiknya itu. Hal itu, bisa menjadikan motivasi bagi guru dan siswa lainnya, untuk ikut berprestasi dalam bidang lainnya. Dalam hal ini, pihak sekolah sangat mendukung setiap kegiatan/lomba yang diikuti siswa, karena memiliki nilai positif bagi sekolah.

“Kedepan, jika ada perlombaan serupa tingkat nasional yang diselenggarakan BPPT, SMK TKM Purworejo yang ditunjuk mewakili Jateng-DIY,” terang Gandung, yang didampingi Eristyawan Prihantoro, ST, Ka Komli (Ketua Kompetensi Keahlian) TIPTL ( Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik).

Menurut Eri, dalam lomba Aeromodelling tersebut, SMK TKM Purworejo merupakan satu-satunya sekolah dari Purworejo yang ikut lomba. Dari penilaian juri, hasil karya anak-anak SMK TKM Purworejo berupa miniatur pesawat terbang itu, berhasil terbang dengan waktu terlama.

“Total waktu terbangnya 30,9 detik. Untuk juara duanya, hanya 11,4 detik,” ungkap Eri, sambil menunjukkan miniatur pesawat tersebut, yang memiliki lebar sayap 50 cm, dan panjang badan pesawat 60 cm.

Menurut Eri, banyak tantangan yang dihadapi dalam pembuatan model pesawat, terutama pada aerodinamis pesawat, yakni, keseimbangan yang merata secara keseluruhan, baik dari sayap, ekor kepala, dan badan pesawat. Namun berkat latihan yang intensif selama dua minggu sebelum perlombaan, serta strategi khusus, akhirnya model pesawat bisa terbang dalam waktu terlama.

Prestasi yang diraih siswa jurusan listrik itu, bagi Eri sangatlah berarti. Prestasi tersebut, merupakan upaya peningkatan kwalitas di SMK TKM Purworejo, khususnya untuk jurusan listrik. Dan tahun depan, SMK TKM Purworejo juga akan mengikuti lomba Robotika, yang akan berlangsung di Taman Pintar Yogyakarta.

“Kita ingin menjadikan jurusan listrik menjadi salah satu jurusan favorit di SMK TKM Purworejo,” pungkas Eri. (Jon)