SMK PN Gandeng Pabrikan Otomotif Dunia

    


Wiwik Waspodo, Ketua Yayasan Pembaharuan-SMK PN Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan menampilkan dalang muda Ki Kelik Setyo Budiyono, yang dilaksanakan pada Sabtu malam (23/1), menjadi malam puncak peringatan HUT SMK PN/PN2 yang ke 47 dan 21.

HUT SMK PN/PN2 yang beralamat di Jl. Kasatriyan, Purworejo sendiri jatuh pada 10 Nopember lalu. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT. Diawali dengan bakti sosial di SMPN 24 Kaligesing pada tanggal 4-7 Nopember.

Dalam bakti sosial itu, diisi dengan servis gratis kendaraan bermotor bagi masyarakat masyarakat umum, serta pemberian materi bedah film. Dilanjutkan dengan ziarah ke makam para pendiri SMK PN di Wonosobo, Purworejo, dan Yogyakarta.

Menurut Wiwik Setyo Waspodo, ketua Yayasan Pembaharuan, yang menaungi SMK PN/PN2, dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya, SMK PN/PN2 banyak menggelar kegiatan.

“Ada donor darah, pemberian bantuan ke panti jompo dan panti rehabilitasi, pentas seni dan parade musik, rolling show panji SMK PN keliling Purworejo, ikrar bela negara, dan terakhir, lomba hadroh tingkat kedu untuk SMP dan umum pada 15 Januari lalu,” jelas Wiwik.

Saat ini, ada 1.400 siswa sekolah di SMK PN/PN2. Berbagai jurusan jadi andalan sekolah ini, seperti teknik sepeda motor, teknik gambar bangunan, teknik instalasi tenaga listrik, teknik multimedia, teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, serta teknik audio video.

Dengan bertambahnya usia, Wiwik bertekad untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang tekhnologi. Dan yang tak kalah pentingnya, meningkatkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Dalam proses pendidikannya, SMK PN/PN2 menggandeng berbagai perusahaan besar, seperti Astra, Daihatsu, Hyundai, dan Komatsu. Banyak fasilitas pendidikan di SMK PN/PN2 atas hasil dari kerjasama itu.

Lebih jauh Wiwik mengungkapkan, lulusan SMK PN/PN2 memiliki kompetensi, bermutu tinggi dan laku di pasaran kerja baik regional, nasional, bahkan internasional. Banyak alumnus SMK PN/PN2 yang telah berhasil, dan bekerja di berbagai perusahaan besar, khususnya di bidang otomotif.

“Salah satu untuk peningkatan mutu ini, kita banyak menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar, baik dari sisi pendidikan itu sendiri, maupun kerjasama dalam penyaluran tenaga kerja,” pungkas Wiwik.
 
 
jon