SMK PGRI 3 Denpasar Tahun ini Mulai Terapkan PPDB Online

    


Panitia PPDB yang juga Waka Kesiswaan SMK PGRI 3 Denpasar, Made Sugiartana - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Bali, selama ini baru digelar oleh sekolah dibawah naungan pemerintah. Namun inovasi PPDB itu disambut oleh SMK PGRI 3 Denpasar dalam menerapkan penerimaan siswa berbasis teknologi.

Panitia PPDB yang juga Waka Kesiswaan SMK PGRI 3 Denpasar, Made Sugiartana menjelaskan, tahun pelajaran 2018/2019, sekolah kejuruan pariwisata itu mulai membuka jalur PPDB online. Namun pihaknya juga masih menerapkan pola manual dengan melakukan pendaftaran langsung melalui sekolah.

“Ada dua pola pendaftaran, secara online dan manual. Jika memilih pendaftaran online bisa mengakses melalui website sekolah,” terang Made Sugiartana.

Website pendaftaran dapat diakses melalui http://www.smk-pgri3dps.sch.id. Pendaftaran secara online dibuka selama 2 minggu mulai 12 Maret – 24 Maret 2018. Sedangkan pendaftaran manual juga dibuka bersamaan dengan pendaftaran secara online.

Made Sugiartana menambahkan, pendaftaran manual dibuka hingga kuota PPDB terpenuhi. Jumlah kuota siswa baru di SMK PGRI 3, jelas Sugiartana, disesuaikan dengan jumlah siswa yang tamat sekarang.

“Kalau kuota sudah terpenuhi sebelum waktunya, pendaftaran secara otomatis ditutup, baik manual maupun online,” terang Made Sugiartana.

Ditambahkan Sugiartana, PPDB Online yang diterapkan sekarang akan dievaluasi untuk pelaksanaan kegiatan yang sama tahun depan. Pihaknya berharap, masyarakat mengetahui alternatif pendaftaran di SMK PGRI 3 Denpasar selain menggunakan pola manual.

Jika memang PPDB online itu dapat diterima masyarakat, pihaknya akan meningkatkan kembali cara mendaftar melalui teknologi itu. SMK PGRI 3 Denpasar juga telah menyiapkan PPDB online sejak beberapa tahun lalu. Namun baru terealisasi sekarang ini.

“Siswa yang mendaftar secara online tetap diwajibkan melakukan pendataan ulang dengan datang ke sekolah,” jelas Made Sugiartana.

SMK PGRI 3 Denpasar menjadi sekolah swasta pertama di Bali yang menerapkan pendaftaran siswa baru secara online. Sugiartana menjelaskan, kuota siswa baru sebanding dengan jumlah yang tamat pada saat ini, dengan jumlah mencapai 742 siswa. (Way)